Salin Artikel

Prestasi di PON Papua Tak Memuaskan, Gubernur Kalbar Minta Disporapar Rutin Buat Kompetisi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Prestasi yang ditorehkan kontingen Kalimantan Barat (Kalbar) di PON Papua tak memuaskan.

Sebagai informasi, berdasarkan daftar perolehan medali PON XX Papua 2021, Selasa (12/10/2021) hingga pukul 12.00 WIB, tim Kalbar berada di peringkat 21, dengan mengantongi 2 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Prestasi ini jauh menurun dibanding PON IX Jawa Barat 2016. Saat itu, berdasarkan klasemen akhir, tim Kalbar berada di peringkat 22 dengan mengantongi 6 emas, 8 perak dan 16 perunggu.

Gubernur Sutarmidji menilai, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar sebagai institusi yang berwenang seperti tak melaksanakan perannya.

"Dispora harusnya punya kegiatan prestasi, misalnya buat kejuaraan dan lomba. Harusnya kan seperti itu. Saya tak mau lagi ada sekadar suka-suka saja. Setiap kegiatan harus ada prestasi, harus ada kompetisi," kata Sutarmidji kepada wartawan Selasa (12/10/2021).

Sutarmidji mencontohkan saat menjabat sebagai Ketua PBSI Kota Pontianak. Saat itu, hampir setiap bulan menggelar kompetisi.

Menurut dia, sarana dan prasarana yang minim tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak berprestasi, karena intinya adalah bagaimana pembinaan dilakukan dengan baik.

"Misalnya atletik, itu harus dibina betul. Masa kita cari atlet lari jarak jauh tidak bisa. Di daerah banyak. Latih mereka, ikutkan kejuaraan,” ucap Sutarmidji.

Sutarmidji menambahkan, setiap pengurus cabang olahraga (cabor) harus diisi orang-orang yang punya semangat berprestasi dan berkompetisi.

Jangan sekadar mau jadi pengurus, tapi tak tahu apa yang mau diurus.

Sutarmidji menilai, cabor yang dulunya berprestasi harus dibarengi dengan pengembangan yang jelas.

Dikatakannya, saat ini hampir tak pernah digelar kejuaraan-kejuaraan yang dapat menempa dan mencari atlet berprestasi.

“Ke depan, saya tak mau lagi pembinaan setiap cabor jadi ajang main-main dan suka-suka. Harus berprestasi. Nanti misalnya Bank Kalbar jangan lagi biayai sepeda santai, jangan lagi untuk yang seperti itu. Tapi harus buat kejuaraan,” jelas Sutarmidji.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/184207478/prestasi-di-pon-papua-tak-memuaskan-gubernur-kalbar-minta-disporapar-rutin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke