Salin Artikel

Suhu Panas di Palembang Tembus 33 Derajat, Ini Penjelasan BMKG

PALEMBANG,KOMPAS.com - Cuaca panas hingga menyentuh di angka 33 derajat celcius terjadi di Palembang, Sumatera Selatan sejak tiga hari terakhir.

Kondisi ini membuat cuaca lebih panas di bandingkan sebelumnya.

Bahkan, cuaca panas itu juga berlangsung sampai malam hari.

Kepala Stasiun Klimatologi Palembang Wandayantolis mengatakan, berdasarkan siklus normal suhu udara di Palembang, suhu udara tertinggi memang terjadi pada sekitar September dan Oktober setiap tahunnya.

Faktor utama yang berperan pada siklus ini dikarenakan ada gerak semu matahari yang melintasi wilayah Sumatera Selatan pada periode tersebut.

Menurutnya, puncak panas biasanya terjadi tepat setelah titik kulminasi terjadi atau justru setelah posisi matahari telah melewati titik kulminasinya.

"Seperti halnya pada suhu harian, suhu tertinggi justru tercapai setelah pukul 13.00 WIB. Bukan pada saat pukul 12.00 WIB di mana matahari tepat berada di atas kita. Ini berkaitan dengan neraca kesetimbangan panas antara radiasi gelombang pendek yang diterima dengan radiasi pantul dari permukaan bumi," kata Wandayantolis dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/10/2021).

Dijelaskan Wandayantolis, dalam satu tahun, gerak semu matahari akan dua kali melintasi wilayah Indonesia termasuk Sumatera Selatan.

Sebab, puncak suhu maksimum selain terjadi antara September dan Oktober juga terjadi pada sekitar April atau Mei.

Berkaitan suhu yang dirasa lebih menyengat sejak awal Oktober ini, menurutnya lebih dipengaruhi oleh berkurangnya curah hujan dalam periode yang sama.

"Berdasarkan pantauan Stasiun Klimatologi Palembang, pada dasarian I Oktober curah hujan yang terjadi berlangsung di bawah normal atau lebih rendah dari biasanya," ujarnya.


Faktor terjadinya anomali curah hujan ini menurut Wandayantolis, juga dikarenakan siklus Madden-Julian Oscillation (MJO) pada kuadran 5 yang biasanya menekan sistem konvektif di wilayah Sumatera dan adanya siklon tropis di utara yang menyedot uap air.

Kehilangan curah hujan tentunya mengurangi kadar kelembapan udara.

Dampaknya, radiasi matahari yang datang akan lebih banyak yang sampai ke permukaan bumi karena berkurangnya uap air yang biasanya dapat menyerap panas.

Berdasarkan data model Itacs, kenaikan suhu udara yang dirasakan selama Oktober 2021 ini berkisar 0,5-1 derajat Celcius.

"Berkurangnya kelembapan udara juga membawa efek pada rasa nyaman kita, di mana kita akan merasa gerah dan udara terasa pengap" jelasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan tubuh saat cuaca yang dirasa lebih panas.

Sebab, suhu kelembaban yang rendah dapat menyebabkan dehidrasi.

"Ini dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi air putih yang lebih banyak dari biasanya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/172827878/suhu-panas-di-palembang-tembus-33-derajat-ini-penjelasan-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke