Salin Artikel

Gibran Jamin Keamanan Pertandingan Persis Vs PSIM di Stadion Manahan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan keamanan selama pertandingan antara Persis Solo vs PSIM berlangsung.

Sebelumnya, Gibran juga telah menemui Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti salah satunya membahas mengenai laga pertandingan antara Persis Solo dan PSIM.

"Kita sebagai tuan rumah menghargai teman-teman kita yang jauh-jauh ke sini. Kita pastikan keamanannya terjaga apa pun hasilnya nanti," kata Gibran seusai melakukan pertemuan dengan Pasoepati di Balai Kota Solo, Selasa.

Gibran optimistis Laskar Sambernyawa akan dapat memenangi pertandingan melawan PSIM Yogyakarta.

Putra sulung Presiden Jokowi memprediksi Persis akan mendapatkan kemenangan 3-0 atas tim berjuluk Laskar Mataram itu.

"Ketoke (Persis) menang. Prediksi saya 3-0," ungkap dia.

Presiden DPP Pasoepati, Maryadi Gondrong mengatakan ada beberapa pembicaraan dalam pertemuannya dengan Gibran.

Salah satunya adalah menyarankan kepada para suporter Persis Solo untuk menonton pertandingan dari rumah dan tidak menggelar nonton bareng.

"Beliau menyarankan Pasoepati untuk selalu nonton dari rumah, tidak mengadakan nobar, tidak konvoi dan menjaga ketertiban serta kondusifitas Solo," kata dia.


Gibran mengatakan sudah memberitahukan kepada para suporter untuk selalu menonton dari rumah untuk setiap pertandingan.

"Sebenarnya sering ada desakan dari teman-teman untuk menyaksikan secara langsung. Tapi karena pandemi kita harus mengikuti aturan," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 750 personel gabungan diterjunkan mengamankan pada laga pertandingan antara PSIM Yogyakarta versus Persis Solo di Stadion Manahan Solo pada Selasa (12/10/2021) petang.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan personel yang diterjunkan itu gabungan dari kepolisian/TNI dengan di-backup Sat Brimob Polda Jateng maupun Dit Samapta Polda Jateng.

"Jadi tiga kali lipat untuk pengamanan pertandingan Persis Solo vs PSIM Yogyakarta," kata Ade di Solo, Jawa Tengah, Senin (11/10/2021).

Pihaknya juga telah melakukan koordonasi dengan kepolisian yang ada di wilayah Yogyakarta dan Polres di wilayah Solo Raya terkait pengamanan pertandingan lanjutan Liga 2.

Koordinasi dilakukan dengan tujuan untuk penyekatan di setiap batas kota sebagai antisipasi kemungkinan ada suporter yang masuk ke Solo.

"Jadi kita ingin memastikan tidak ada pergerakan massa suporter dari Jogja menuju ke Solo. Ataupun tempat-tempat lain Solo Raya terkait pendukung Persis Solo yang masuk Solo," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/170944878/gibran-jamin-keamanan-pertandingan-persis-vs-psim-di-stadion-manahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke