Salin Artikel

Stok Vaksin Habis, Vaksinasi Dosis Kedua di Puskesmas dan RS Banyumas Ditunda

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 dosis kedua di puskesmas dan sejumlah rumah sakit di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang dijadwalkan pekan ini terpaksa ditunda.

Pasalnya hingga saat ini belum ada alokasi vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk dosis kedua di puskesmas dan rumah sakit.

"Minggu ini memang ada kebutuhan vaksin dosis kedua yang sudah dijadwalkan, tapi memang belum ada alokasi dari pemprov," kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas dr Arif Sugiono kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Arif mengatakan, Dinkes nembutuhkan lebih dari 100.000 dosis vaksin Sinovac untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi dosis kedua di puskesmas dan rumah sakit.

"Kami sudah berupaya, tapi memang belum ada alokasi. Jadi untuk minggu ini vaksinasi dosis kedua di puskesmas dan beberapa rumah sakit kami tunda karena belum ada kiriman," jelas Arif.

Meski demikian, vaksinasi dosis pertama tetap dilaksanakan. Pekan ini, pemkab kembali membuka pendafataran vaksinasi dosis pertama di sentra vaksinasi GOR Satria Purwokerto.

Adapun vaksin yang digunakan adalah Astrazeneca dengan kuota 3.500 sasaran. Vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi warha dengan usia 18 tahun ke atas.

Sementara itu, cakupan vaksinasi dosis pertama di Banyumas per tanggal 9 Oktober 2021 telah mencapai 50 persen dari total 1.398.427 sasaran.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/12/094608978/stok-vaksin-habis-vaksinasi-dosis-kedua-di-puskesmas-dan-rs-banyumas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke