Salin Artikel

8 Atlet dan Ofisial PON Papua Asal Jateng Jalani Isolasi karena Positif Covid-19

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak delapan atlet dan ofisial PON Papua asal Jawa Tengah sedang menjalani isolasi karena positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, seluruh atlet dan ofisial asal Jawa Tengah tersebut tak mengalami gejala.

"Atlet dan ofisial Jateng di Papua ada yang positif delapan orang diisolasi di Papua. Kondisinya baik, tidak ada gejala," jelas Yulianto di kantor Gubernur Jateng, Senin (11/10/2021).

Dikatakan Yulianto, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Papua berkaitan penanganan para atlet dan ofisial Jateng yang menjalani isolasi.

Selain itu, seluruh atlet dan ofisial yang telah kembali ke Jawa Tengah juga dilakukan pemantauan tidak hanya terkait Covid-19 saja, tetapi juga masalah malaria.

"Kita biasa kok memonitor survailance seperti itu. Jadi, setiap warga kita yang pulang dari wilayah-wilayah yang endemis malaria, contohnya kalau di Indonesia timur kan masih endemis malaria itu, kita lakukan surveilance malaria juga selain Covid-19," ungkap Yulianto.

Ia menambahkan, atlet dan ofisial yang lebih dari tujuh hari di Papua dikenakan kewajiban untuk karantina sebelum berkumpul dengan keluarga.

"Jadi beda ya dengan isolasi. Kalau karantina itu kondisi sehat kita lakukan pemantauan apakah selama perjalanan itu terinfeksi atau tidak. Selama pemantauan dilakukan tes juga, karantina selama 5 hari," ucap Yulianto.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah memerintahkan kepada Dinas Kesehatan Jateng, agar menyiapkan gedung BPSDM di Srondol sebagai lokasi karantina bagi atlet maupun ofisial yang pulang dari PON Papua.

"Sebenarnya mereka dari sana sudah dites. Mereka semuanya ya sehatlah, karena untuk ikut penerbangan itu mereka mesti di PCR tes. Namun, kita meski well prepare kepada mereka, sehingga kami minta untuk yang sudah di rumah mereka akan kita pantau," ucap Ganjar.

Ganjar meminta kepada KONI Jateng agar memberikan sosialisasi kepada para atlet dan ofisial untuk menjalani karantina usai pulang dari PON Papua.

"Saya sudah komunikasi dengan KONI bicara dengan cabor dan kita sudah menyiapkan tempat isolasi di BPSDM yang tempatnya bagus. Mereka akan kita siapkan hanya memang kemarin pada saat pulang mereka sudah kangen. Maka saya minta untuk dikontrol posisinya. Tapi mereka sih dari sana sudah negatif," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/11/211027378/8-atlet-dan-ofisial-pon-papua-asal-jateng-jalani-isolasi-karena-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke