Salin Artikel

Tiba dari Papua, 20 Atlet Sumsel Jalani Karantina Selama 8 Hari

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 20 atlet Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX asal Sumatera Selatan yang baru tiba dari Papua, menjalani karantina selama setidaknya satu pekan di wisma atlet Jakabaring, Palembang.

Hal itu dilakukan untuk mecegah penularan Covid-19 karena situasi pandemi saat ini masih berlangsung.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Akhmad Yusuf mengatakan, 20 atlet tersebut telah tiba di Palembang sejak Sabtu (9/11/2021) dengan rinciannya adalah delapan orang atlet tenis dan 12 orang atlet anggar.

Menurut Yusuf, selama menjalani masa karantina, seluruh kebutuhan atlet akan disiapkan mulai dari makan,hingga kebutuhan alat kesehatan.

“Setelah menjalani karantina atlet baru diperbolehkan pulang ke rumah. Hal ini juga dilakukan sesuai dengan arahan dari Kemenkes,” kata Yusuf, kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Yusuf mengimbau kepada keluarga para atlet untuk bersabar sebelum bertemu. Sehingga, semua kesehatan dari atlet maupun pihak keluarga tetap terjaga.

“Jadi ketika atlet baru tiba akan langsung di arahkan karantina dulu lima sampai delapan hari di wisma atlet,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC) Meina Fatriani Paloh menambahkan, seluruh atlet tersebut di karantina di tower 8 wisma atlet.

Selama menjalani masa karantina, asuapan makanan akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing.

“Atlet ini masuknya bertahap sesuai dengan jadwal kepulangan masing-masing. Fasilitas semuanya sudah disiapkan. Ruang karantina ini tak hanya untuk atlet, tetapi atlet dan pihak official juga,” ujarnya.

Setelah menjalani masa karantina selama kurang lebih delapan hari, kondisi kesehatan para atlet akan kembali diperiksa lagi.

Bila telah dinyatakan sehat, mereka pun baru diperbolehkan untuk pulang.

"Fasilitas yang diberikan ke atlet-atlet tersebut sama seperti yang diterima masyarakat umum. Semuanya sama saja, kami berikan yang terbaik," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/11/201930378/tiba-dari-papua-20-atlet-sumsel-jalani-karantina-selama-8-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke