Salin Artikel

Tuan Rumah PON XX Papua Melorot ke Posisi 4, Cetak Sejarah Baru Sempat Pimpin Klasemen 4 Hari

Tetapi Ketua Kontingen PON Provinsi Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, menyatakan justru saat ini Papua sudah mampu melebihi target, yaitu finish di posisi lima besar.

Hingga kini Papua masih terus berusaha mencapai target perolehan medali sebanyak 86 emas.

Namun dari hasil perolehan medali sementara PON XX pada 10 Oktober 2021 pagi, posisi Papua kini berada di peringkat empat dengan 59 emas, 32 perak dan 59 perak.

Raihan medali  Kontingen Jawa Tengah yang berada di peringkat lima masih cukup jauh dengan Papua, yaitu 18 emas, 31 perak dan 35 perunggu.

Cetak sejarah baru, target finish di posisi 5

Melihat kondisi tersebut, Fakhiri menegaskan bila Papua siap mencatat sejarah baru dalam kepesertaanya di PON.

"Kita di tanah Papua harus bersyukur bahwa dicatat dalam sejarah bahwa Papua sempat memimpin (klasemen PON sementara) selama empat hari," ujar Fakhiri, melalui pesan singkat, Sabtu (9/10/2021).

"Lalu jerih payah etlet yang melakukan Puslatprov cukup lama, membawa hasil yang cukup memuaskan, ini merupakan hal yang baik," lanjutnya. 

"Sehingga kita harus bisa melampaui apa target yang diberikan bapak gubernur selaku ketua KONI untuk finish di lima besar, saya sangat yakin kita bisa sampai ke empat besar," katanya.

Tampil lepas untuk torehkan prestasi

Kepada seluruh kontingen, baik atlet, pelatih maupun official, dimintanya untuk tampil lepas dan memberikan yang terbaik bagi Papua.

"Saya berharap semua atlet harus bertarung secara maksimal sehingga kita bisa sukses prestasi," kata Fakhiri yang juga menjabat sebagai Kapolda Papua.

Memgenai raihan medali, Fakhiri masih yakin target 86 emas dapat diraih karena masih cukup banyak nomor pertandingan yang dilangsungkan.

Setidaknya dalam waktu dekat Papua sudah dapat meraih 70 emas.

"Saya minta agar minggu ini kita bisa dapat 70 emas dan sisanya minggu depan hingga PON ditutup," tutur Fakhiri.


Ada bonus untuk peraih medali

Untuk pemberian bonus kepada para peraih medali, ia menyebut Gubernur Papua, Lukas Enembe, telah setuju untuk segera memberikan sebagian kepada para atlet.

"Pak gubernur sudah setuju nanti jelang akhir PON, bonus 20 persen segera diberikan," kata Fakhiri.

Hingga Sabtu (9/10/2021) malam, Jawa Barat semakin kokoh di puncak klasemen perolehan medali sementara PON XX dengan 78 emas, 65 perak dan 71 perunggu.

Dibawahnya ada Jawa Timur dengan 68 emas, 61 perak dan 52 perunggu.

DKI Jakarta yang sempat berada di puncak klasemen, kini berada di peringkat ketiga dengan 68 emas, 55 perak dan 70 perunggu.

PON XX 2021 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada 2 Oktober 2021.

Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, menjadi empat klaster penyelenggaraan PON XX.

Total akan ada 37 cabang olahraga dengan 56 disiplin yang dipertandingkan selama PON XX Papua.

Total ada 7.039 atlet yang ikut serta untuk memperebutkan 681 medali emas.

Hingga kini sudah 408 medali emas yang berhasil direbut oleh 28 provinsi daei 34 provinsi yang ikut berpartisipasi dalam PON XX Papua.

Pertandingan cabang olahraga PON XX 2021 Papua sudah dimulai sejak 22 September 2021 dan akan berakhir pada 15 Oktober 2021.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/10/081316978/tuan-rumah-pon-xx-papua-melorot-ke-posisi-4-cetak-sejarah-baru-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke