Salin Artikel

Gunung Ile Lewotolok Terus Erupsi, Teramati Ada 16 Kali Letusan

LEWOLEBA, KOMPAS.com - Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, terus mengeluarkan erupsi.

Tercatat sebanyak 16 kali gunung tersebut mengeluarkan erupsi atau letusan, Sabtu (9/10/2021).

"Hari ini, dari pukul 12.00 sampai 06.00 teramati 16 kali letusan dengan tinggi 300 meter di atas permukaan dan warna asap putih dan kelabu," kata petugas pos pengamatan Gunung Ile Lewotolok, Syawaludin, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu malam.

Syawaludin menyebutkan, letusan itu disertai gemuruh dan dentuman lemah hingga kuat.

Ia mengatakan, Gunung Ile Lewotolok saat ini masih berstatus level III atau siaga.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat di sekitar maupun pengunjung, pendaki, wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer.

Masyarakat Desa Jontona juga diimbau agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai dengan awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah.

"Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," pinta dia.


Mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling gunung, maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai agar mewaspadai ancaman lahar, terutama di saat musim hujan.

Seluruh masyarakat maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan status maupun rekomendasi Gunung Ile Lewotolok setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Play.

Para pemangku kepentingan di sektor penerbangan dapat mengakses fitur VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation).

Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong atau hoaks dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ile Lewotolok yang tidak jelas sumbernya.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/09/210533478/gunung-ile-lewotolok-terus-erupsi-teramati-ada-16-kali-letusan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke