Salin Artikel

Suryani Terkejut Saat Bupati Kebumen Datang dan Masak Nasi Goreng di Rumahnya, Bawa Kompor hingga Piring Sendiri

Kedatangan Arif ternyata untuk memasak nasi goreng di rumah Suryani.

Acara dadakan tersebut otomatis memancing perhatian warga sekitar. Mereka berdatangan ke lokasi untuk melihat Sang Bupati memasak nasi goreng.

Suryani yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini mengaku tak pernah menyangka rumahnya akan didatangi orang nomor satu di Kebumen itu.

"Saya sendiri enggak tahu Pak Bupati bakal datang ke rumah. Ini tiba-tiba datang, terus izin, katanya mau masak nasi goreng, menyiapkan makan malam untuk warga. Ya monggo kerso (silakan)," kata Suryani.

Menurutnya Bupati Arif membawa kompor, gas hingga air botol sendiri saat memasak nasi di rumahnya.

"Tidak ada persiapan apa pun, tiba-tiba datang sudah bawa kompor, gas, piring, nasi, bumbu, minum air botol juga sudah bawa. Semua sudah lengkap, tinggal pasang, goreng," ujar Suryani.

Dikutip dari Kebumenkab.go.id, ia juga pernah mendatangi rumah Sri Rohana, petugas kebersihan kawasan Alun-alun Kebumen di Desa Murtirejo pada Selasa (24/8/2021) malam.

Seperti di rumah Suryani, Bupati Arif pun memasak nasi goreng di rumah Sri Rohana.

Rohana sama sekali tidak diberi tahu oleh siapapun rumahnya bakal didatangi orang nomor satu di Kebumen ini.

Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, Bupati Arif membawa peralatan masak lengkap dengan bahan-bahannya untuk membuat menu masakan nasi goreng di rumahnya.

"Ya baru kali saya tahu ada bupati masakin nasi goreng buat warganya. Alhamdulillah terima kasih banget atas perhatiannya kepada kami, semoga Bapak Bupati Arif sehat selalu," ujar Rohana mendoakan.

Saat ditanya soal rasa, Rohana mengaku masakan nasi goreng Bupati Arif enak.

"Enak bumbunya terasa, pedesnya sedang, tidak terlalu asin," ucap Rohana.

Sebelum menjadi bupati, Bupati Arif memang gemar silaturahmi datang ke rumah teman dan saudara-saudaranya.

"Waktu masih muda saya juga senang datang silaturahmi ke rumah teman dan saudara, sehingga kita bisa saling tahu kabar kita masing-masing. Persaudaraan kita juga semakin erat," ujar Bupati.

Ia bercerita sebelum ke rumah Rohna, saat pagi-pagi buta pernah beberapa kali mengamati ada ibu-ibu yang sedang bekerja membersihkan alun-alun Kebumen.

Ibu tersebut ternyata adalah Sri Rohana yang sudah delapan tahun menjadi tenaga harian lepas sebagai petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup atau LH.

"Malam ini sengaja saya datang ke rumah Ibu Rohana, ibu ini sering saya liat pagi-pagi buta sudah di alun-alun nyapu jalan. Jadi setiap hari ibu ini berangkat sebelum subuh dari rumahnya untuk membersihkan alun-alun. Sudah delapan tahun dia lakoni," ujar Bupati, Selasa.

Terkait aksinya memasak nasi goreng, Bupati mengaku ini merupakan inisiatifnya sendiri. Semua peralatan masaknya baru saja dibeli, termasuk bahan-bahannya.

Menurutnya saat memasak nasi goreng adalah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kinerja salah seorang warganya.

"Mungkin ke depan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kesejahteraannya. Minimal sekali gajinya sesuai UMR. Syukur bisa di atas UMR. Sistem kontraknya juga harus langsung dengan Pemda, tidak melalui pihak kedua dan ketiga. Biar tidak ada pemotongan. Nah ini saya minta untuk dikaji dan diperhatikan lagi," terang Bupati.

Kedatangan Bupati menarik perhatian warga sekitar. Mereka kemudian diajak ikut makan nasi goreng bareng bersama yang lain.

Selain itu Bupati juga turut memberikan paket sembako untuk dibagikan kepada warga sekitar

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Fadlan Mukhtar Zain | Editor : Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/09/172700178/suryani-terkejut-saat-bupati-kebumen-datang-dan-masak-nasi-goreng-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke