Salin Artikel

Bali Bersiap Sambut Wisman, Jokowi Minta Pemda Siapkan Infrastruktur Kesehatan

BALI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Bali mempersiapkan diri menyambut penerbangan internasional yang akan dibuka pada 14 Oktober 2021.

Ia meminta seluruh kepala daerah di Bali untuk mengecek kesiapan layanan kesehatan sebelum wisatawan mancanegara (wisman) berlibur ke Pulau Dewata.

"Kita harus menyiapkan infrastruktur kesehatannya, dan tanggal 14 (Oktober 2021) betul-betul dibuka itu siap," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se Provinsi Bali di Wisma Sabha Utama, kompleks kantor Gubernur Bali, Jumat (8/10/2021).

Jokowi meminta kepala daerah di sembilan kabupaten/kota se-Bali aktif memantau layanan kesehatan, termasuk ketersediaan obat hingga oksigen.

Meski secara umum ketersediaan obat dan oksigen di Bali masih cukup baik, Jokowi ingin para kepala daerah mengetahui secara detail kondisi dan situasi yang terjadi di lapangan.

"Saya presiden masa ngurus obat sama oksigen, normalnya enggak. Tapi sekarang saya urus. Harus tahu betul posisi provinsi ini seperti seperti apa, kabupaten ini seperti apa, harus datanya saya ketahui. Begitu ada yang merah pasti saya kejar. Supaya tidak terlambat," kata dia.

Secara umum, Jokowi menilai kasus Covid-19 di Bali sudah sangat terkendali. Penurunan kasus harian di Pulau Dewata bahkan turun hingga 95 persen.

Pada Januari 2021 misalnya, kasus harian positif Covid-19 di Bali berada di angka sekitar 542, jumlah itu sempat menurun di Bulan Juni menjadi 22 sehari.

Kemudian pada Agustus 2021, jumlah kasus harian positif Covid-19 di Bali naik menjadi 1.900 kasus.

Namun setelah memasuki September-Oktober, kasus harian di Bali cenderung bisa dikendalikan.

Bahkan per Kamis (7/10/2021), kasus harian dilaporkan sebanyak 60 kasus.

"Turunnya drastis sekali. Kasus aktifnya dari 13.800 turun menjadi 600, ini juga bagus. Tinggal terus ditekan agar kasus aktif itu bisa terus dikurangi-kurangi, dan hilang dari provinsi Bali," kata dia.

Meski begitu, ia tetap mendorong pemerintah daerah di Bali untuk melanjutkan vaksinasi Covid-19.

Sebab, ia tak ingin Bali seperti Singapura yang kasus Covid-19 meningkat usai aktivitas ekonomi dibuka.

"Tanggal 14 itu jangan sampai kita gagal, artinya semua harus bekerja detail, cek betul," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/08/161341878/bali-bersiap-sambut-wisman-jokowi-minta-pemda-siapkan-infrastruktur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke