Salin Artikel

Peluk Menteri Nadiem, Yanti Guru Honorer TK Menangis: Angkat Kami, Mas Menteri...

Perempuan yang akrab dipanggil Yanti tesebut memeluk Nadiem dan meminta agar ia bisa mendapatkan kesejahteraan.

Yanti adalah seorang guru honorer di TK Pembina Pedesaan Jonggat, Lombok Tengah. Ia sudah 18 tahun mengajar dan hanya mendapatkan honor Rp 100.000 per bulan.

"Saya terharu bahagia bisa langsung tatap muka dengan Mas Menteri. Saya bilang angkat kami, (jadi pegawai) Mas Menteri," kata Yanti saat menceritakan ulang pertemuannya dengan Nadiem.

Ia mengatakan, selain menjadi guru honorer, ia bekerja sebagai petani bersama suaminya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Sudah 18 tahun mengabdi, honor hanya Rp 100.000 sekarang, terus pulang pergi pakai motor sekitar 20 kilometer lebih," kata Yanti.

Berharap diangkat jadi pegawai pemerintah

Kendati mempunyai gaji yang sedikit, ia tidak berkecil hati dan tekad untuk mengajar anak-anak sangat tinggi.

"Niat saya dari awal ngajar, mendidik, walaupun gaji tak seberapa, saya tidak pernah berpikir untuk berhenti. Saya yakin Tuhan pasti membalas usaha kita," kata Yanti.

Ia berharap suatu saat bisa menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) atau pegawai negeri sipil (PNS).

"Tidak cukup kalau segitu (gaji) kami siasati dengan bertani Juga, semoga ada kebijakan ke depan yang bisa kami diangkat menjadi PNS," kata Yanti.

"Menyakitkan hati saya"

Sementara itu, melihat Yanti dan guru-guru lain menangis, murid TK yang ada di ruangan tersebut ikut menangis.

Menanggapi hal tersebut, Nadiem mengaku tersentuh dan melihat hal tersebut menjadi pengalaman yang dilupakan oleh Nadiem.

"Sampai anak kecilnya mulai nangis, dan itu satu episode yang cukup menyedihkan. Mereka bilang kadang-kadang digaji Rp 100.000 sebulan, dan itu menyakitkan hati saya sekali," kata Nadiem.

Menurutnya, solusi terbaik untuk para guru honorer adalah melalui PPPK.

Untuk itu, ia meminta agar kepala daerah menyediakan PPPK untuk formasi guru honorer di TK agar mendapatkan kesempatan yang sama.

"Mohon kepala daerah, kepala dinas untuk mengisi formasi mereka, karena mereka bisa menjadi PPPK. Jadi guru-guru TK itu yang masih honorer tolong dimasukkan sebagai formasi PPPK untuk memberikan mereka kesempatan," kata Nadiem.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Idham Khalid | Editor : Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2021/10/08/135000278/peluk-menteri-nadiem-yanti-guru-honorer-tk-menangis-angkat-kami-mas-menteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke