Salin Artikel

Masuk Kategori PPKM Level 1, Kota Blitar Uji Coba Penerapan "New Normal"

Kota Blitar masuk dalam kualifikasi daerah new normal level 1 sesuai Instruksi Mendagri Nomor 47 Tahun 2021 untuk Wilayah Jawa dan Bali.

"Kota Blitar jadi satu-satunya yang akan dilakukan uji coba pemberlakuan PPKM Level 1 oleh pemerintah pusat, semoga daerah lain di Jatim menyusul," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan resminya, Kamis (7/10/2021) malam.

Kofifah mengatakan, status itu didapatkan karena Kota Blitar memenuhi indikator asesmen Kementerian Kesehatan untuk masuk level 1. Ditambah, Kota Blitar juga memenuhi syarat baru dari Inmendagri, yakni cakupan vaksinasi dosis satu lebih dari 0 persen dan vaksinasi dosis satu untuk lansia lebih dari 60 persen.

Hingga Rabu kemarin, cakupan vaksinasi Covid-19 Kota Blitar mencapai 97.92 persen untuk dosis satu dan 63.88 persen dosis dua.

"Untuk vaksinasi lansia pada dosis satu mencapai 67,19 persen dan dosis dua mencapai 52,13 persen," jelasnya.

Sesuai petunjuk pemerintah pusat, Pemprov Jatim membentuk gugus tugas khusus yang terdiri para pakar untuk memantau penerapan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar.

Tim gugus tugas akan tinggal sementara waktu di Kota Blitar untuk melakukan pemantauan dan pengawasan. 

"Jika penerapan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar berhasil, pemerintah akan memperluasnya ke daerah lain yang masuk PPKM Level 1," kata Khofifah.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Blitar, tercatat 6.972 kasus positif Covid-19 hingga 4 Oktober 2021. Rinciannya, 6.701 pasien sembuh, 263 orang meninggal, dan delapan kasus aktif.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/08/070803778/masuk-kategori-ppkm-level-1-kota-blitar-uji-coba-penerapan-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke