Salin Artikel

Ada Pemadaman Listrik Bergilir di Babel hingga 31 Oktober 2021, Pelanggan Bakal Dapat Kompensasi

Pemadaman bergilir bakal dilakukan hingga akhir Oktober 2021.

General Manager PLN Bangka Belitung, Amris Adnan mengatakan, gangguan pembangkit terjadi pada salah satu unit Mobile Power Plant (MPP) Air Anyir Bangka.

Sebelumnya, kerusakan terjadi pada sistem pompa pembangkit PLTU unit 1. 

"Ada pembangkit yang rusak dan telah diperbaiki, kemudian terjadi lagi gangguan pada MPP 25 MW. Untuk MPP ini butuh waktu cukup lama, tim sedang bekerja," kata Amris saat peninjauan pembangkit MPP Air Anyir, Bangka, Kamis (7/10/2021).

Datangkan 5 pembangkit diesel dari Riau

Amris menuturkan, guna menjaga ketersediaan listrik, pihaknya mendatangkan lima unit pembangkit diesel dari Riau dengan total daya 5 MW.

Namun, tambahan pembangkit belum bisa menutupi kebutuhan daya di sistem Bangka sehingga pemadaman bergilir masih diberlakukan.

"Pemadaman ini merata pada rumah tangga dan industri. Sehingga tidak ada satu titik yang pemadamannya cukup lama, karena sudah terbagi rata. Khusus untuk pelanggan prioritas juga ada backup yang disiapkan sejak awal," ungkap Amris.

Pemasangan kabel laut

Di sisi lain, Amris berharap pemasangan kabel bawah laut yang menghubungkan sistem Sumatera dan Bangka bisa berjalan lancar.

Saat ini pemasangan kabel bawah laut terkendala kondisi medan yang berupa rawa lumpur.

"Memang ini di luar kehendak kita, karena dalam waktu bersamaan ada gangguan pembangkit dan pemasangan kabel laut terkendala kondisi medan sehingga ada keterlambatan dari rencananya Agustus 2021. Padahal jika kabel bawah laut sudah tersambung, koneksi bisa cepat saling menutupi," ucap Amris.


Kompensasi ke pelanggan

Amris berharap masyarakat bisa memahami kondisi yang sedang dialami PLN.

Terkait pemadaman itu, pihaknya juga akan mempersiapkan kompensasi yang mengacu pada standar Tingkat Mutu Pelayanan (TMP).

"Ada hitungannya nanti, misal batas TMP 10 kali pemadaman, tapi yang terjadi 12 kali, maka kelebihan 2 kali itu akan masuk hitungan kompensasi," jelas Amris.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/07/185611278/ada-pemadaman-listrik-bergilir-di-babel-hingga-31-oktober-2021-pelanggan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke