Salin Artikel

Jelang Derbi Mataram, Gibran dan Wali Kota Yogyakarta Bertukar Jersey

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jelang derbi Mataram dalam lanjutan Liga 2 Liga Indonesia penyisihan Grup C, Wali Kota Solo dan Wali Kota Yogyakarta saling bertukar jersey Persis Solo dan PSIM Yogyakarta.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan jersey PSIM dengan nomor punggung 265, nomor itu sesuai dengan usia Kota Yogyakarta yang berulang tahun pada 7 Oktober.

Sedangkan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mendapatkan jersey Persis Solo polos tidak ada nomor punggung.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, makna dari saling bertukar jersey klub kebanggan kota masing-masing adalah bentuk persahabatan.

"Kalau dua wali kota sudah yang satu megang jersey-nya Solo, beliau memegang jerseynya PSIM itu menunjukan kalau kita persahabatan," kata Haryadi, Kamis (7/10/2021).

Haryadi menambahkan dalam pertemuan dengan Gibran, pihaknya membahas tiga agenda.

Pertama, melakukan kembali kerja sama daerah antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Surakarta.

"Kedua kami sebagai tuan rumah expo dalam rangka smart city tanggal 14. Pemberitahuan sekaligus undangan kepada beliau untuk bisa hadir di Yogyakarta  dan  kita nyinggung mengenai rencana jadwal liga yang mempertemukan antara Persis Solo dan PSIM," kata Haryadi.

Ia berharap laga derbi Mataram itu dapat berjalan dengan lancar dan dapat menunjukkan persahabatan antar kedua kota mengingat Yogyakarta dan Solo merupakan aglomerasi perkotaan.

"Harapannya semua berjalan dengan baim lancar penuh persahabatan penuh. Karena pada hakikatnya Jogja-Solo adalah aglomerasi perkotaan, dan ini tidak terpisahkan," kata dia.

Sementara Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, terkait dengan derbi Mataram ini dapat berjalan dengan lancar.

Gibran mengimbau kepada seluruh suporter baik itu suporter Persis Solo dan PSIM Yogyakarta agar menonton laga derbi di rumah masing-masing.

"Tadi juga sudah disinggung juga masalah pertandingan liga 2 antara Persis dan PSIM ini harapannya berjalan dengan lancar. Ini saya sarankan juga untuk temen-temen dari fans PSIM dan Persis tetap nonton di rumah saja itu saja," kata dia.

Gibran yang juga anak Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga menjamin keamanan bagi para pemain PSIM yang bertandang ke Solo.

"Kami sebagai tuan rumah mesti menjamin keamanan seluruh peserta klub yang tergabung di Grup C liga 2 yang ada di Solo. Sejauh ini aman-aman saja kok," kata dia.

Bahkan, menurut Gibran, selama melakukan latihan hingga sekarang berjalan dengan aman.

"Latihanya aman, sejauh ini aman semua, tenang saja itu jadi tanggung jawab saya," tegas Gibran.

Mengingat rivalitas PSIM dan Persis Solo sangat tinggi, Gibran akan melakukan pengetatan keamanan. Dia menegaskan, pertandingan akan berjalan dengan aman.

"Mungkin nanti untuk keamanan ada pengetatan dan perlakuan khusus. Tapi saya yakin pasti aman. Dan saya yakin juga semua teman-teman terutama teman-teman  Pasoepati yang ada di Solo, saya sarankan untuk menahan diri. Nonton di rumah saja," kata dia.

"Seperti yang disampaikan pak Wali Kota semua itu sedulur kabeh bolo (teman) jadi nggak perlu yang aneh-aneh lah," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/07/181617078/jelang-derbi-mataram-gibran-dan-wali-kota-yogyakarta-bertukar-jersey

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke