Salin Artikel

Kereta Api Mutiara Timur Relasi Ketapang-Yogya Kembali Beroperasi, Ini Syarat dan Ketentuannya

“Untuk sementara waktu, KA Mutiara Timur akan beroperasi pada tanggal 15, 17, 22, 24, 29 dan 31 Oktober 2021,” kata Vice President PT Kereta Api Daop 9 Jember Broer Rizal dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021).

KAI terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sehingga, mereka memberikan pilihan KA sesuai jam operasional dan kelas yang diinginkan pelanggan.

Selain KA Mutiara Timur, PT KAI juga mengoperasikan KA Ranggajati relas Jember-Cirebon dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap mulai hari ini hingga 31 Oktober 2021.

Untuk menikmati layanan itu, penumpang minimal harus telah divaksin Covid-19 dosis pertama. Bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.

Data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas karena KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding.

Jika keterangan vaksin tidak muncul di layar komputer petugas boarding, maka selanjutnya akan dilakukan pengecekan secara manual, dengan menunjukkan bukti print-out sertifikat vaksin.

Pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau memiliki komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Selain itu, harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau tes cepat antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Pelanggan usia di bawah 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan.

“Meskipun persyaratan sudah lengkap, apabila saat proses bording dilakukan dan dicek suhu melebihi 37,3 derajat Celsius atau sedang mengalami sakit ( Flu/batuk), pelanggan tersebut tidak dapat melanjutkan perjalanan," kata Broer.

“Tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian 100 persen sesuai harga tiket diluar biaya pemesanan,” sambung dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/07/140405678/kereta-api-mutiara-timur-relasi-ketapang-yogya-kembali-beroperasi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke