Salin Artikel

8 Tempat Wisata di Jateng Terapkan Uji Coba QR Code PeduliLindungi bagi Wisatawan

DTW tersebut antara lain tahap pertama yakni Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta, Grand Maerokoco, Taman Wisata Candi Borobudur dan Taman Wisata Candi Prambanan.

Sedangkan, tahap kedua yakni Lokawisata Baturaden, The Lawu Park, Karanganyar, Kitagawa Pesona Bali dan Sanggaluri Park.

"Untuk delapan DTW ini dengan kriteria sudah memiliki sertifikat CHSE, di luar ruangan atau outdoor, berada pada PPKM level 3 untuk uji coba tahap 2, dan PPKM level 2 pada ujicoba tahap 1," ungkap Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Riyadi Kurniawan dalam siaran pers, Rabu (6/10/2021).

Riyadi mengatakan di Jawa Tengah sendiri ada sebanyak 337 DTW sudah mulai dibuka terbatas bagi para wisatawan.

Jumlah DTW tersebut sudah melalui pendampingan dan uji coba dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ia menyebut di Jawa Tengah sendiri total ada sebanyak 690 DTW. Dari jumlah tersebut sebanyak 337 DTW telah dibuka secara terbatas dan 84 DTW sedang melaksanakan uji coba.

"Kalau total DTW yang ada dalam daftar kami itu ada 690. Jadi sudah ada 48 persen dibuka terbatas dan 12 persen simulasi," kata Riyadi.

Riyadi mengungkapkan pendampingan terhadap DTW di Jawa Tengah terus dilakukan agar dapat segera bangkit.

Sebab, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), DTW tidak ada yang beroperasi.

"Sesuai Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 dan Ingub Jawa Tengah Nomor 14 Tahun 2021, tentang PPKM, kami melakukan penyesuaian untuk pemulihan wisata di Jateng," tambahnya.

Riyadi menjelaskan pembukaan DTW harus memenuhi persyaratan yakni sudah melakukan simulasi, mendapat izin Satgas Covid-19 wilayah dan kebijakan kabupaten atau kota mengizinkan operasional terbatas.

"Semua ini dilakukan agar wisata bisa bangkit, dan aman dari penyebaran virus," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/07/074603678/8-tempat-wisata-di-jateng-terapkan-uji-coba-qr-code-pedulilindungi-bagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke