Salin Artikel

Masih PPKM Level 3, Sumedang Bisa Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kabupaten Sumedang, Jawa Barat masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 18 Oktober 2021 mendatang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Sumedang masih berstatus PPKM level 3 karena wilayahnya masuk dalam aglomerasi Bandung Raya.

Akan tetapi, kata Dony, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), Kabupaten Sumedang sudah diperbolehkan untuk melakukan uji coba pembukaan tempat wisata.

"Wisata Sumedang sudah mulai uji coba sesuai dengan Inmendagri yang memang memperbolehkan untuk uji coba pembukaan tempat wisata," ujar Dony kepada kompas.com saat pelantikan pengurus DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) Sumedang di Kampung Karuhun, Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang, Rabu (6/10/2021).

Dony menuturkan, peluang uji coba tersebut harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh pelaku pariwisata di Kabupaten Sumedang.

"Kesempatan ini harus betul-betul dimanfaatkan oleh para pelaku pariwisata dengan sebaik-baiknya. Mulai dari kesiapan protokol kesehatannya, saya juga minta aplikasi PeduliLindungi-nya benar-benar diterapkan. Saya juga minta untuk mulai diberlakukan pembayaran secara non-tunai melalui QRIS misalnya, jadi meminimalisasi interaksi secara langsung," tutur Dony.


Dony menyebutkan, pengelola pariwisata di Sumedang juga harus benar-benar memerhatikan kebersihan di sekitar lokasi wisata.

"Utamanya itu toiletnya harus benar-benar bersih, lingkungannya juga harus bersih, mushalanya juga bersih," sebut Dony.

Sementara itu, Ketua DPC Putri Kabupaten Sumedang Arief Respati mengatakan, dalam menghadapi uji coba pembukaan tempat wisata, para pelaku wisata sebelumnya telah melakukan pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) atau CHSE.

"Di Inmendagri itu, PPKM level 3 bisa membuka usaha wisata asal sudah memiliki sertifikat CHSE. Dan alhamdulillah, pelaku wisata di Sumedang sudah banyak yang lulus (CHSE) jadi bisa membuka tempat wisatanya," ujar Arief.

Arief menuturkan, pelaku wisata di Sumedang juga berkomitmen untuk mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

"Mulai dari patuh protokol kesehatan, adanya aplikasi Peduli Lindungi, dan membatasi interaksi secara langsung dengan pengunjung melalui transaksi online," kata Arief.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/06/132445278/masih-ppkm-level-3-sumedang-bisa-uji-coba-pembukaan-tempat-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke