Salin Artikel

IDI Banjarnegara Kembangkan Telemedisin untuk Konsultasi Online dan Check Up Drive Thru

Aplikasi bernama Digidoc ini berfungsi sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat secara online dan terintegrasi.

Chief Operating Officer (COO) Digidoc, dr Alvin Henri mengatakan, dengan aplikasi ini, masyarakat dapat berkonsultasi kesehatan dengan dokter dari rumah tanpa perlu bertatap muka.

Tak hanya itu, Digidoc juga dilengkapi dengan Remote Medical Consultation (RMC) yang terintegrasi dengan pemeriksaan tanda vital pasien sehingga diagnosisnya lebih akurat.

“Jadi yang membedakan Digidoc dengan platform kesehatan lainnya itu, kami menggunakan peralatan untuk memeriksakan tanda-tanda vital yang akan dijadikan data untuk meningkatkan presisi diagnosis dokter,” ujar Alvin, Rabu (6/10/2021).

Adapun alat yang digunakan untuk pengukuran tanda vital jarak jauh ini diletakkan di titik-titik strategis sehingga memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.

“Dengan begitu, masyarakat kami ajak untuk lebih aware memeriksakan kesehatannya, sehingga tujuan telemedisin berupa promotif, preventif dan early diagnostic bisa tercapai,” tambahnya.

Sampai saat ini, Digidoc diklaim sebagai aplikasi telemedisin pertama yang terintegrasi dengan peralatan di Indonesia.

“Sudah tiga minggu kami beroperasi, anemo masyarakat sudah cukup baik, lebih dari seribu user mendaftar dan mendapat medical chek up,” ujar Alvin.

Baru-baru ini, Digidoc bahkan telah bekerja sama dengan berbagai instansi seperti Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Program Larasati Kemenag dan program Sarsipol Polres Banjarnegara untuk pengembangan pelayanan.


Direktur RSI Banjarnegara, dr Agus Ujianto mengungkapkan, aplikasi Digidoc semakin mempermudah proses pelayanan.

Dengan adanya layanan kesehatan telemedisin ini, tenaga medis di rumah sakit atau klinik juga akan lebih terlindungi dari sebaran virus Covid-19.

“Sekarang semua serba digital, dan kami bangga menjadi yang pertama menggunakan teknologi ini karena kami yakin sebentar lagi Digidoc ini akan berkembang ke seluruh Indonesia,” kata Agus.

Sebagai bentuk keseriusan mengembangan layanan kesehatan telemedisin Digidoc, RSI Banjarnegara juga akan membuat layanan Medical Check Up Drive Thru.

“Jadi pasien tinggal datang, memeriksakan kesehatan tetap di dalam mobil dengan alat Digidoc, terus hasilnya bisa dilihat di handphone mereka sendiri,” ujar Agus yang juga merupakan Ketua IDI Banjarnegara.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/06/112059278/idi-banjarnegara-kembangkan-telemedisin-untuk-konsultasi-online-dan-check

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke