Salin Artikel

Kompas Gramedia-Kalbe Gelar Vaksinasi Dosis Kedua untuk Warga Pekanbaru

Menurut data Vaksin.kemkes.go.id pada 4 Oktober 2021, sebanyak 94.223.690 orang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Sedangkan dosis kedua sudah diterima oleh sebanyak 53.006.923 orang di seluruh Indonesia.

Jumlah masyarakat Indonesia yang sudah melaksanakan vaksinasi kedua ini terhitung 25,45 persen dari total target pemerintah.

Target pemerintah dalam pelaksanaan vaksin kedua untuk masyarakat Indonesia adalah sebanyak 208.265.720 orang.

Untuk mendukung hal tersebut, PT Kalbe Farma dan Kompas Gramedia berkolaborasi dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru menggelar Sentra Vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Balai Besar POM Pekanbaru, Selasa (5/10/2021).

Corporate Sustainability Manager PT Kalbe Farma Tbk Abi Nisaka mengatakan, penyelenggaraan sentra vaksinasi ini merupakan wujud komitmen Kalbe untuk menyehatkan bangsa.

"Upaya vaksinasi merupakan bagian dari kontribusi Kalbe terhadap terciptanya herd immunity di masyarakat," ucap Abi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa.

Selain mengadakan vaksinasi, lanjut dia, Kalbe juga terus berinovasi untuk menyediakan obat, suplemen, layanan telemedicine, dan laboratoriun terkait pemeriksaan terapi COVID-19 yang dibutuhkan masyarakat.

Selain dengan BBPOM Pekanbaru, sentra vaksinasi dosis kedua Kota Pekanbaru, ini juga melibatkan PT Enseval Putera Megatrading serta Enseval Medika Prima (anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk) juga FKD KG—yang merupakan gabungan unit-unit KG—Riau dan Sumbar sebagai panitia penyelenggara.


"Memerdekakan" warga dari Covid-19

"Hari ini ada 900 vaksin jenis Coronavac yang diberikan kepada warga, yang sebelumnya sudah mendapatkan suntikan vaksin pertama pada tanggal 7 September 2021 kemarin,” ujar Del saat diwawancarai Kompas.com, Selasa.

Dia menjelaskan, program sentra vaksin KG-Kalbe ini dengan moto "Bangkit untuk Merdeka dari Covid-19."

Selain itu, juga ikut serta dalam membantu program pemerintah Kota Pekanbaru, Riau dalam percepatan vaksinasi masyarakat.

"Kita berharap agar peserta vaksin pertama yang melakukan vaksin pertama di sentra vaksin KG-Kalbe agar kembali datang ke BPOM untuk melakukan vaksin kedua," tambah Del.

Sentra vaksinasi dosis kedua ini diselenggarakan sebagai kelanjutan dari kegiatan vaksinasi pertama yang dilaksanakan pada 7 Septermber 2021 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Kalbe dan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menyerahkan bantuansosial kepada masyarakat sekitar.

Kalbe memberikan bantuan berupa produk nutrisi yang penting bagi masyarakat seperti Prenagen untuk ibu hamil, Entrasol, serta vitamin lainnya.


Salurkan donasi pembaca Kompas

Sementara itu, DKK menyalurkan donasi pembaca Kompas berupa 350 paket bahan pokok berisi masing-masing beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, sarden kemasan, serta masker kain dan medis.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi oleh Koordinator Tanggap Bencana YDKK Rendra Sanjaya kepada perwakilan warga terdampak pandemi di Pekanbaru.

Sentra vaksinasi Covid-19 di 4 kota ini merupakan rangkaian program “Bangkit untuk Merdeka dari Covid-19” yang pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2021 dengan membuka sentra vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, khususnya menyasar ibu hamil, di dua lokasi, yaitu Kantor BKKBN dan SMKN 26, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kolaborasi Kalbe dan KG dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Hal ini sekaligus memperingati hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, ulang tahun ke-55 Kalbe, dan ulang tahun ke-58 Kompas Gramedia. Sentra vaksinasi dan bantuan sosial masyarakat ini sekaligus bagian dari Sentra Peduli Kita Bangkit KG Media.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/05/204741078/kompas-gramedia-kalbe-gelar-vaksinasi-dosis-kedua-untuk-warga-pekanbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke