Salin Artikel

Tanggul Sungai Jebol dan Belum Diperbaiki, Warga di Aceh Utara Khawatir Adanya Banjir Susulan

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Sepanjang 100 meter tanggul Krueng Pase tersebar di tiga titik di Desa Tanjong Awe, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, yang jebol saat banjir besar empat hari lalu hingga kini belum diperbaiki.

Warga khawatir akan terjadinya banjir susulan apabila hujan deras dan air yang meluap ke pemukiman karena tanggul sungai tersebut sudah jebol.

Kepala Desa Tanjong Awe, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, menyebutkan hingga kini tanggul yang jebol itu belum diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

“Jika kemarin banjir merendam lima desa. Ke depan bisa jadi lebih dari lima desa terendam. Karena tanggul itu pasti akan melebar terus jika tidak diperbaiki segera. Ini sangat mengkhawatirkan kami,” kata Afifuddin, melalui telepon, Selasa (5/10/2021).

Dia merincikan, tanggul jebol itu berada di tiga titik, yaitu titik pertama jebol sepanjang 80 meter, titik kedua dan ketiga masing-masing sepanjang 15 meter.

Sehingga, total ukuran tanggul yang jebol sebesar 100 meter.

“Saya sudah sampaikan ke BPBD Aceh Utara saat meninjau lokasi banjir. Saya minta ini segera diperbaiki. Jika tidak, bukan hanya pemukiman kami yang berbahaya, tapi juga tanaman padi bisa mati terendam banjir. Apalagi ini musim penghujan,” katanya.


Sementara itu, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Aceh Utara, Murzani, dihubungi terpisah menyebutkan, dirinya sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Aceh untuk melaporkan tanggul jebol itu.

Namun, ia mengatakan, bahwa kewenangan perbaikan tanggul itu berada di Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Kami koordinasi ke Dinas PU Provinsi Aceh. Kita belum bisa pastikan kapan diperbaiki. Ini masih koordinasi dan ini kan masih tanggap darurat pasca banjir,” terangnya.

Sebelumnya tanggul jebol mengakibatkan banjir merendam lima desa di Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Banjir juga merusak satu rumah warga dan merendam satu sekolah, serta jalanan lintas nasional pada 1 Oktober 2021 lalu.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/05/185103778/tanggul-sungai-jebol-dan-belum-diperbaiki-warga-di-aceh-utara-khawatir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke