Salin Artikel

Rekonstruksi Kasus Penyerangan Pos Koramil Kisor Digelar, Mulai dari Rapat hingga Penganiayaan

Rekonstruksi digelar di lapangan di belakang kantor Polres Sorong Selatan. Lalu, di asrama yang dibuatkan tempat berupa petak ruangan menyerupai kondisi Pos Koramil Kisor.

Kadid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan, rekonstruksi menghadirkan tujuh tersangka, yakni MY, MS, AKY, RY, L KY, YW, AY.

Rekonstruksi dilakukan untuk mengetahui secara rinci insiden penyerangan yang mengakibatkan empat prajurit TNI gugur.

Lewat rekonstruksi itu, polisi juga mendalami peran sejumlah tersangka dalam melakukan atau membantu penyerangan Pos Koramil Kisor.

Rekonstruksi itu melibatkan ketujuh tersangka. Sementara pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) diperankan oleh polisi sebagai pemeran pengganti.

Sementara korban diperankan menggunakan boneka plastik menyerupai manusia. Senjata yang digunakan pelaku juga diganti dengan mainan.

"Para tersangka memeragakan 93 adegan dalam rekonstruksi tersebut mulai dari pelaksanaan rapat, pengintaian atau pemantauan," kata Adam dalam keterangan tertulis, Senin (4/10/2021) malam.

Rekonstruksi dilanjutkan dengan penyerangan yang dilakukan sejumlah pelaku hingga membuat empat prajurit TNI gugur.

"Sampai dengan pada waktu melakukan penyerangan dan melukai para korban dengan parang hingga meninggal dunia," ujar Adam.

Rekonstruksi itu disaksikan Kapolres Sorong Selatan AKBP Choruddin Wachid, Kasat Reskrim Iptu Ade Setiawan, kuasa hukum tersangka Joromias Wattimena, dan mendapat pengawalan ketat dari anggota polisi.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/05/081005078/rekonstruksi-kasus-penyerangan-pos-koramil-kisor-digelar-mulai-dari-rapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke