Salin Artikel

Warga Aceh Barat Daya Kembali Ramaikan Gerai Vaksinasi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Aktivitas nelayan dan pedagang di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, dalam sepekan terakhir diramaikan kembali dengan pelaksanaan vaksinasi. 

Usai kasus perusakan gerai vaksinasi oleh puluhan warga di PPI Ujung Serangga, kini berakhir dengan restorative justice atau keadilan restoratif.

Sejumlah warga yang terlibat perusakan kini mulai mendatangi PPI, bahkan bersedia menerima suntikan vaksin Covid-19.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Aceh, Komisaris Besar Winardy menyebutkan, penyelesaian masalah tersebut dengan pendekatan keadilan restoratif menjadi hal utama.

“Ini perintah dari Pak Kapolda, bahwa permasalahan tersebut diselesaikan dengan cara soft approach (pendekatan yang persuasif) melalui restorative justice (keadilan restoratif)," kata Komisaris Besar Winardy, Senin (4/10/2021) melalui keterangan tertulisnya.

Pendekatan tersebut, kata Winardy, dilakukan karena warga yang terlibat perusakan gerai vaksinasi juga sudah memahami dan sudah bersedia divaksin.

"Pelaksanaan vaksinasi di PPI Ujung Serangga saat ini berjalan cukup baik. Masyarakat dan para penjual ikan sudah mulai antusias menerima vaksin," ujar Winardy.


Sosialiasi kepada warga terus dilakukan

Pemerintah daerah setempat, TNI dan Polri, terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, tentang pentingnya vaksinasi guna mempercepat capaian pencegahan Covid-19 di Abdya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar MT menekankan, kepada semua pihak untuk memerangi informasi hoaks tentang vaksin dan meminta partisipasi tokoh masyarakat dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Yang perlu disampaikan saat ini, bahwa semua masalah sudah diselesaikan dengan duduk bersama. Semua pihak, warga, tokoh ulama, pemerintah dan penegak hukum, sebagai buktinya. Kini gerai vaksinasi kembali berjalan baik ditempat yang sama, dan warga pun sudah semakin bersedia untuk divaksi. Termasuk yang kemarin belum paham manfaat vaksinasi,” jelas Muslizar MT dihadapan Jurnalis, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di PPI Ujung Serangga. 

Disebutkan Muslizar, dengan adanya sosialisasi yang baik, warga yang pada waktu lalu sempat bertikai pun sudah mau divaksinasi.

Sebelumnya diberitakan, puluhan warga menyerang secara tiba-tiba gerai vaksinasi di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, Aceh, Selasa (28/9/2021) pagi.

Akibatnya, seorang petugas vaksinasi Covid-19 atau vaksinator mengalami lebam. Selain itu, sebanyak 42 vial vaksin Sinovac dan peralatan lain rusak. 

Penyerangan itu dilakukan warga yang kesal dengan keberadaan petugas vaksinasi di PPI Ujung Serangga karena membuat orang takut ke sana sehingga ikan tidak terjual habis.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/04/224717978/warga-aceh-barat-daya-kembali-ramaikan-gerai-vaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke