Salin Artikel

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Natuna, 4-7 Oktober 2021

Prediksi ini berlaku 4 - 7 Oktober 2021. 

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Hang Nadim Batam Nizam Mawardi mengatakan, dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap terdapat daerah pusaran angin siklonik di wilayah Kepulauan Riau sehingga menyebabkan adanya penumpukkan massa udara.

Dia menambahkan, kelembapan udara yang cukup tinggi juga menambah peluang pembentukan awan-awan hujan di wilayah itu.

Secara umum, Nizam mengatakan waspadai potensi angin kencang dengan kecepatan angin mencapai 35 knots di Laut Natuna Utara yang dapat meningkatkan tinggi gelombang di perairan tersebut dan sekitarnya.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah Laut Natuna Utara,” kata Nizam melalui telepon, Senin (4/10/2021).

Selain Natuna, gelombang tinggi juga terjadi di perairan Subi, perairan MIdai dan perairan Serasan yang mencapai 2,5 meter.

BMKG juga mengimbau agar warga Kepri selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas, terutama kepada pelaku transportasi laut, agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.


Berikut daftar risiko tinggi pelayaran di sekitar Natuna dari BMKG.

1. Untuk perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

2.  Untuk Kapal Tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. 

3. Untuk kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

4. Untuk kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Untuk nelayan, diingatkan selalu membawa life jacket dan menghindari awan kumulonimbus yang merupakan sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya," pungkas Nizam.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/04/165749178/bmkg-waspada-gelombang-tinggi-hingga-4-meter-di-natuna-4-7-oktober-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke