Salin Artikel

104 Warga Takalar Keracunan Nasi Kotak dari Acara Takziah, Bocah 9 Tahun Tewas

TAKALAR, KOMPAS.com - Ratusan warga Dusun Pangkajene, Desa Pakkabba, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dievakuasi ke rumah sakit lantaran keracunan usai menyantap nasi kotak dari acara takziah.

Acara takziah dilaksanakan di salah satu rumah warga bernama Mappa Daeng Mike (65) pada Rabu (29/9/2021) pukul 20.30 Wita.

"Kasus ini berawal dari acara takziah yang dihadiri oleh sekitar 250 orang, di mana warga yang hadir mendapat pembagian paket makan, dan para korban mengalami gejala pada besok sorenya," kata Kanit Reskrim Polsek Galesong Utara Aiptu Rusdiono saat dihubungi wartawan, Senin (4/10/2021).

Polisi, kata Rusdiono, masih menyelidiki kasus keracunan makanan ini.

"Sampel makanan telah kami ambil, sebab dalam acara takziah tersebut ada dua paket yang dibagikan yakni nasi kotak dan makanan ringan. Ini yang sementara kami selidiki" kata Rusdiono.

Sejak Kamis (30/9/2021), sebanyak 104 warga mengalami gejala sakit perut, pusing, muntah-muntah, diare, dan demam tinggi.

Mereka kemudian dibawa ke sejumlah rumah sakit di Kabupaten Takalar dan Kota Makassar.

Kasus keracunan makanan ini bahkan menewaskan seorang anak berinisial KR (9).

Orangtua KR, Rusli Daeng Gassing mengatakan, anaknya meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Labuangbaji Makasssar, Sabtu (2/10/2021).

"Saya mengalami demam tinggi dan sakit perut besok sorenya (Kamis sore), dan saya ke puskesmas ternyata di sana sudah banyak orang terkapar karena keracunan jadi saya langsung pulang bawa anakku ke rumah sakit tapi akhirnya meninggal," kata Rusli.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/04/122643778/104-warga-takalar-keracunan-nasi-kotak-dari-acara-takziah-bocah-9-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke