Salin Artikel

Aktivitas Vulkanik Gunung Ile Lewotolok Meningkat, Tercatat 8 Kali Letusan

Padahal, gunung api tersebut sempat tak mencatatkan aktivitas vulkanik selama beberapa pekan terakhir.

"Hari ini terjadi sebanyak delapan kali letusan, tinggi 200-400 meter dari puncak. Periode pengamatan Pukul 12.00-18.00 Wita,” jelas Petugas PPGA Ile Lewotolok Jefri Pugel dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu malam.

Aktivitas vulkanik gunung api itu terus meningkat, meski jumlah letusan tidak terlalu tinggi setiap harinya.

Sejak Sabtu malam, kata Jefri, sudah terjadi beberapa kali letusan disertai dentuman serta lontaran lava pijar.

"Karena erupsi mengalami peningkatan, sehingga kita tetap pantau setiap jam," ujar dia.

Jefri menyebut, lontaran lava pijar itu tidak membakar vegetasi atau hutan di sekitar lereng seperti yang terjadi sebelumnya.

Jefri menjelaskan, erupsi masih terjadi karena ada suplai magma dari dalam. Ia belum bisa memastikan kapan rangkaian erupsi itu berakhir.

Ia mengatakan, Gunung Api Ile Lewotolok masih berada pada level Ill (Siaga).

Rekomendasi untuk masyarakat

Oleh karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok atau pengunjung serta pendaki direkomendasikan tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak.

Masyarakat Desa Jontona juga diminta mewaspadai longsoran yang disertai awan panas dari bagian tenggara puncak Gunung Ile Lewotolok.


Selain itu, masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok diminta menyiapkan masker dan kacamata untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan akibat abu vulkanik yang jatuh di beberapa titik.

Jefri menambahkan, masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama saat musim hujan.

Masyarakat juga diminta tidak mempercayai dan menyebarkan hoaks terkait erupsi Gunung Ile Lewotolok. Informasi terkait perkembangan aktivitas Gunung Ile Lewotolok bisa dipantau melalui aplikasi Magma Indonesia yang bisa diunduh di Google Play.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/04/103811778/aktivitas-vulkanik-gunung-ile-lewotolok-meningkat-tercatat-8-kali-letusan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke