Salin Artikel

Pasien Covid-19 Dirawat di RSU Cut Meutia Aceh Utara Tersisa 4 Orang

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Meutia, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mengumumkan, saat ini tersisa empat pasien Covid-19 yang masih dirawat di ruang intensive care unit (ICU).

Angka itu terendah sepanjang dua tahun terakhir pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas RSU Cut Meutia Jalaluddin menyebutkan, ruang Pinere untuk pasien Covid-19 bahkan sudah kosong sejak sepekan terakhir.

“Hanya tersisa empat pasien. Selebihnya kosong semua,” kata Jala saat dihubungi wartawan, Minggu (3/10/2021)

Dia menduga, pengetatan protokol kesehatan di Aceh Utara dan sejumlah kabupaten/kota di Aceh sudah menunjukkan hasil positif dengan penurunan jumlah pasien Covid-19.

RSU Cut Meutia, sambung Jala, biasanya juga menerima pasien rujukan dari Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Bireuen, Kota Lhokseumawe, dan Kabuapten Bener Meriah.

“Saya duga, penurunan pasien ini karena dampak protokol kesehatan yang makin membaik. Sisi lain, vaksinasi yang mulai meningkat dari waktu ke waktu,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Aceh Utara, dr Harry Laksmana mengatakan, tim IDI kini menyosialisasikan vaksinasi dan protokol kesehatan di seluruh sekolah.

Menurutnya, kunci penurunan angka pasien Covid-19 terletak pada kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan, mengenakan masker dan berjarak satu sama lainnya.

“Vaksinasi siswa sekarang sedang digencarkan oleh pemerintah. Kita bantu sosialsiasinya. Semoga bisa meningkat angkanya dari hari ke hari. Sehingga semua warga bisa divaksin,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/03/164708278/pasien-covid-19-dirawat-di-rsu-cut-meutia-aceh-utara-tersisa-4-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke