Salin Artikel

Masuki Pancaroba, BMKG Ingatkan Potensi Banjir Bandang hingga Longsor di Jatim

SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda meminta warga di Jawa Timur (Jatim) untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, awal musim hujan di Jatim diprakirakan terjadi pada Oktober 2021.

"Perlu diwaspadai cuaca ekstrem, khususnya hujan lebat pada masa peralihan musim. Karena kondisi cuaca berubah-ubah tiba-tiba, bisa saat ini panas (kemarau), tiba-tiba hujan deras," kata Teguh saat dikonfirmasi, Minggu (3/10/2021).

Cuaca ekstrem itu, lanjut Teguh, setidaknya dapat berpotensi menimbulkan bencana iklim.

"Salah satunya seperti banjir bandang, longsor, sedimentasi waduk," ujar Teguh.

Di sisi lain, masyarajat juga diimbau untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuhnya agar tidak mudah terjangkit penyakit di masa peralihan musim ini.

"Periode musim hujan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menambah luas tanam, melakukan panen air hujan, dan mengisi waduk, danau, atau embung yang berguna untuk periode musim kemarau yang akan datang," ujar dia.

Untuk mengantisipasi cuaca ekstrem itu, Teguh mengingatkan bahwa pemerintah daerah perlu melakukan kesigapan dan mitigasi bencana.

Artinya, ada kesiapan inspeksi struktur bangunan dan jaringan.

"Harus ada penguatan, terutama peningkatan kerja sama antardaerah untuk pengurangan risiko bencana iklim lintas batas kabupaten/kota dan provinsi," ucap Teguh.

Ia menambahkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi pada hari ini, Minggu (3/10/2021) hingga Selasa (5/10/2021).

Adapun daerah-daerah yang akan mulai turun hujan adalah Kota Batu, Surabaya, Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Situbondo, dan Mojokerto.

Di luar itu ada Madiun, Ngawi, Gresik, Bojonegoro, Pamekasan, dan Sumenep.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/03/154721878/masuki-pancaroba-bmkg-ingatkan-potensi-banjir-bandang-hingga-longsor-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke