Salin Artikel

PON XX Papua, Gubernur Lukas Enembe Janji Tunjukkan Merah Putih Selalu di Hati

Pernyataan tersebut disampaikan Lukas saat pembukaan PON XX di Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam.

"Dari tanah Papua, saya akan tunjukkan kepada seluruh sahabat-sahabat yang ada di penjuru nusantara bahwa kami, masyarakat Papua, senantiasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia," kata Lukas.

"Sebab merah putih akan selalu terjahit rapi dalam hati dan jiwa kami," kata dia.

Pernyataan yang disambut tepuk tangan riuh warga, atlet, official dan para kepala daerah yang memadati Stadion Lukas Enembe saat mengikuti upcara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu malam.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Cenderawasih ini juga mengucapkan selamat datang untuk seluruh kontingen di Tanah Papua dalam event PON XX. Menurutnya even ini menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Papua.

"Sebuah kebanggaan bagi kami yang ada di Provinsi Papua, melihat seluruh anak bangsa berkumpul dan bersatu di tempat ini," ucapnya.

Tidak lupa juga, Luka Enembe mengucapkan terima kasih kepada Presdien Joko Widodo, yang meluangkan waktunya untuk bersama membuka even bergengsi di Papua ini.

"Saya juga berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Ir Haji Joko Widodo yang merindukan pelaksanaan PON di Papua. Tanpa dukungan bapak tidak akan terlaksana," ungkapnya dalam sambutannya.

Menurutnya, adanya pandemi Covid-19, membuat semua orang tertatih, tersandung, dan terjatuh

Namun pemerintah pusat maupun daerah akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah penyebarannya.

Selain memberikan selamat dan sedikit penjelasan terkait covid 19, dia juga menjelaskan penyelenggaraan PON XX ini telah melalui banyak evaluasi.

"Pekan Olahraga Nasional ini telah melalui banyak sekali evaluasi dan monitoring yang rutin dan berkelanjutan, hingga akhirnya kami dapat memutuskan untuk tetap melaksanakan hajatan akbar ini dengan berbagai pembatasan penyesuaian," jelasnya.

Sebagai orang nomor satu Papua itu, Lukas Enembe percaya bahwa even ini menjadi konsep kesatuan yang akan dimiliki Negara Indonesia.

"Saya percaya bahwa pesta olahraga terbesar ini menjadi perekat konsep kesatuan yang dimiliki oleh Negara Kesatua Republik Indonesia," ungkapnya.

Oleh sebab itu, dia berharap agar PON XX ini menjadi simbol kemenangan bersama seluruh masyarakat Indonesia.

"Hari ini dengan penuh harapan, saya mengajak sahabat-sahabat semua menjadikan PON XX Papua 2021 sebagai simbol kemenangan kita bersama. Sekali lagi simbol kemenangan kita bersama. Selamat datang dan selamat bertanding. Torang Bisa! Waa Waa Waa!!!!," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Saat Pembukaan PON XX Papua, Gubernur Lukas Enembe Janji Tunjukkan Merah Putih Selalu di Hati

https://regional.kompas.com/read/2021/10/03/081800478/pon-xx-papua-gubernur-lukas-enembe-janji-tunjukkan-merah-putih-selalu-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke