Salin Artikel

Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Kabupaten Sorong, Begini Ceritanya

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu diundang khusus oleh Bupati Sorong Johny Kamuru untuk hadir sebagai perancang Alun-alun tersebut.

Emil bercerita, pada 2017 lalu, Johny memintanya untuk mendesain ulang Alun-alun Sorong.

Saat itu, Emil masih menjabat Wali Kota Bandung.

"Nah, waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah Alun-alun," ujar Emil dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Menurut Emil, sebagai ruang terbuka publik, alun-alun harus jadi tempat yang istimewa dan jantung kota tempat warga berkumpul.

"Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya," kata Emil.

Dari segi desain, Alun-alun Sorong memiliki koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar.

Emil mengatakan bahwa hadirnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong.

"Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur," kata Emil.

Revitalisasi itu terbagi dua bagian, yakni sisi utara dan selatan.

Emil meresmikan Alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi. Sementara sisi selatan akan dibangun dengan konsep berbeda.

Emil bahkan sudah meminta pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD untuk membantu pembiayaan revitalisasi sisi selatan Alun-alun Kabupaten Sorong.

"Kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat melalui Pak Mahfud MD (Menkopolhukam) yang rencananya akan membiayai pembangunan Alun-alun tahap dua ini," kata Emil.


Sementara itu, Bupati Sorong Johny Kamuru mengatakan, kehadiran Alun-alun Sorong sudah ditunggu sejak lama.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Emil yang sudah memberikan sentuhan baru di Kabupaten Sorong.

"(Tahun 2017) kita berangkat ke Bandung. Beliau (Ridwan Kamil) sendiri yang gambar (alun-alun) secara keseluruhan," kata Johny.

Menurut Johny, revitalisasi sisi utara Alun-alun Kabupaten Sorong ini telah menghabiskan dana sekitar Rp 22 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sorong.

"Bagian sisi utara ini dibangun dengan dana APBD sekitar Rp 22 miliar. Total seluruh ini (sisi utara dan selatan) Rp 53 miliar," kata Johny.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/01/113529878/ridwan-kamil-resmikan-alun-alun-kabupaten-sorong-begini-ceritanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke