Salin Artikel

Banyak Mahasiswa, Pemprov DIY Minta Jatah Vaksin Melebihi Jumlah Penduduk

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta penambahan jumlah stok vaksin lebih dari jumlah penduduk DIY.

Hal itu bertujuan untuk melakukan vaksinasi bagi mahasiswa dari luar DIY yang mulai berdatangan ke DIY, guna mengikuti perkuliahan tatap muka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, Gubernur DIY telah meminta jatah vaksin DIY melebihi penduduk DIY.

Karena untuk antisipasi memberikan vaksinasi bagi mahasiswa yang belum mendapatkan.

"Ngarsa Dalem meminta (jatah vaksin) lebih banyak dari penduduk DIY mohon dipahami. Karena banyak mahasiswa dari luar DIY yang kemudian mendapatkan vaksin di sini karena di daerahnya tidak dapat vaksin. Pak Luhut juga sudah menyetujui," ujar Aji saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (30/9/2021).

Aji mengatakan, kegiatan perkuliahan secara tatap muka memang sudah diperbolehkan, tetapi dengan pembatasan, seperti waktu perkuliahan dibatasi dan jumlah kapasitas kelas dibatasi.

"Sudah boleh, tapi terbatas waktunya dan jumlahnya bukan hanya SMP dan SMA yang sudah tatap muka, silakan saja," kata dia.

Untuk jumlah perguruan tinggi di DIY yang sudah menggelar perkuliahan tatap muka hingga saat ini Pemprov DIY belum mendapatkan data secara pasti. Tetapi, ia memastikan setiap kegiatan perkuliahan, kapasitas kelas maksimal hanya 50 persen.

"Yang jelas 50 persen paling banyak bisa separuh online separuh separuhnya offline," kata dia.

Sedangkan untuk penambahan jumlah stok vaksin yang diajukan, Aji memperkirakan antara 250.000 hingga 300.000 orang.

Akan tetapi, jumlah itu harus dipilah kembali karena banyak mahasiswa yang sudah mendapatkan vaksinasi di daerah masing-masing.

"Kita belum tahu secara pasti, kalau kita antisipasi mahasiswa dari luar daerah bisa 250.000 sampai 300.000 orang kalau total. Di antara itu kan sudah ada yang vaksin di daerahnya," jelas dia.

Dengan adanya penambahan sasaran vaksin itu, ia memperkirakan jumlah sasaran vaksin DIY akan bertambah dari awalnya yang sebanyak 2,8 juta jiwa bertambah menjadi 3 juta jiwa.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/30/170246278/banyak-mahasiswa-pemprov-diy-minta-jatah-vaksin-melebihi-jumlah-penduduk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke