Salin Artikel

Kapolri: Keberhasilan PON XX Papua Membawa Kehormatan Bangsa di Mata Dunia

"Apabila PON berjalan baik akan membawa kehormatan bangsa di mata dunia karena kita mampu melaksanakan event besar pada saat pandemi Covid-19 dan ini menjadi perhatian bersama dan ini harus kita selesaikan bersama," ujar Listyo saat memberikan arahan pada Apel Siaga Pengamanan PON XX 2021 Papua, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu (29/9/2021).

Oleh karena itu, ia mengingatkan, kesuksesan PON XX Papua tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan aparat keamanan, tapi seluruh masyarakat.

Listyo meminta personel TNI dan Polri menjaga soliditas agar situasi keamanan dapat dikendalikan.

"Sekali lagi saya ingatkan pelaksanaan kelancaran seluruh rangkaian kegiatan PON XX berada di pundak kita semua, berada di pundak kalian semua. Artinya apabila penyelenggaran PON aman dan sukses maka ini prestasi rekan-rekan semua. Sebaliknya apabila ada gangguan kegagalan kita semua," kata Kapolri.

Dalam pelaksanaan pengamanan, Kapolri mengingatkan jajarannnya akan dua hal.

Pertama, bagaimana pelaksanaan PON bisa berjalan baik dengan tetap melakukan penegakan aturan terhadap protokol kesehatan (prokes), sehingga laju Covid-19 yang terjadi adanya interaksi dan kerumunan di venue bisa dikendalikan.

Kedua, Kapolri mengingatkan masalah pengamanan baik di akomodasi, perjalanan, venue, penonton hingga tamu VVIP benar-benar dilaksanakan.

"Ketentuan terkait dengan aturan yang boleh menonton di venue 25 persen, sudah divaksin dua kali dan pelaksanaan pengecekan prokes, penggunaan masker dan aturan-aturan 3M harus dilaksanakan dan ditegakkan. Oleh karena itu ini harus terus digelorakan," tutur mantan Kabareskim Mabes Polri tersebut.


Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta agar pelaksanaan PON berjalan baik dari sisi keamanan dan ancaman Covid-19.

"Pertama terselenggaranya rangkaian termasuk pertandingan dengab sukses dan aman. Kedua menghadapi ancaman covid sehingga tak terjadi penularan saat PON dan tak terjadi klaster PON," katanya.

Ia pun meminta jajaran TNI-Polri agar menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dalam pengamanan dengan pendekatan kultural, budaya, dan kearifan lokal.

Untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan PON XX, TNI-Polri menurunkan sekitar 11.000 personel gabungan yang tersebar di empat klaster penyelenggara PON.

Pembukaan PON XX, akan dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe, pada 2 Oktober 2021. Pembukaan itu akan dilakukan Presiden Joko Widodo.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/29/182419778/kapolri-keberhasilan-pon-xx-papua-membawa-kehormatan-bangsa-di-mata-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke