Salin Artikel

Puluhan Warga Aceh Hancurkan Lokasi Vaksinasi, Polda: Mereka Merasa Gerai Vaksin Membuat Pengunjung Sepi

Akibatnya, sejumlah fasilitas gerai rusak dan satu orang tenaga kesehatan dari puskesmas setempat mengalami luka lebam di bagian kaki akibat benturan kursi saat kericuhan.

"Pasca-perusakan, Polda Aceh telah menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan penyelidikan, dan penanganannya kita lakukan secara persuasif," ujar Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy saat diwawancarai Kompas.com di ruang kerjanya. Selasa.

Menurut Winardy, penyerangan dilakukan karena massa dari nelayan dan pedagang ikan merasa terganggu dengan aktivitas vaksinasi.

Mereka kesal setelah gerai vaksinasi dibuka, pengujung di area PPI mulai berkurang karena takut divaksin.

"Penyerangan gerai vaksin dilakukan karena merasa setelah gerai vaksin dibuka, PPI sepi pengunjung, sehingga penjual ikan sepi pengunjung," ujar Winardy.

Winardy menambahkan, warga merusak dan enggan divaksin lantaran petugas vaksinator gabungan dari polisi, TNI, dan Dinas Kesehatan tidak melakukan sosialisasi sebelum membuka gerai di area PPI.

Hal itu membuat masyarakat tidak mengetahui manfaat vaksin untuk kekebalan tubuh mereka melawan Covid-19.


"Tapi tadi setelah kita lakukan sosialisasi manfaat vaksin, masyarakat sudah menerima vaksin, dan kondisinya sekarang sudah kondusif," ujar Winardy.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan puluhan warga menghancurkan sebuah lokasi vaksinasi.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah video tersebut, @aceh.viral, menuliskan keterangan bahwa peristiwa itu terjadi di Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, Selasa (28/9/2021).

Dalam keterangan video juga disebutkan kericuhan terjadi karena petugas memaksa warga untuk divaksinasi. Hal itu membuat warga kesal hingga kericuhan terjadi.

Terkait peristiwa itu, polisi membantah kericuhan terjadi karena petugas memaksa warga untuk divaksin.

Polisi menyebut kerusuhan disebabkan warga merasa kegiatan vaksinasi mengganggu tempat mereka mencari nafkah.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/28/205248578/puluhan-warga-aceh-hancurkan-lokasi-vaksinasi-polda-mereka-merasa-gerai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke