Salin Artikel

Lansia di Daerah Terpencil Jombang Tutup Pintu Saat Tim Vaksinasi Datang, Takut Disuntik hingga Dirayu Polisi

Lokasi dusun tersebut sangat terpencil dan berada di tengah hutan berada di sisi laut wilayah Kabupaten Jombang dan berbatasan langsung dengan wilayah Sukorame, Kabupaten Lamongan.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Plandaan yang didampingi personel polisi dan TNI harus menempuh medan yang berat untuk menuju ke kampung tersebut.

Jarak Dusun Kedung Dendeng dan Desa Jipurapah cukup jauh yakni sekitar 10 kilometer, melintasi hutan dan kondisi medan cukup berat terutama saat musim hujan.

Para petugas sendiri datang ke kampung tersebut sejak Kamis (23/9/2021).

Polisi ikut rayu warga

Kapolsek Plandaan, Iptu Pranan Edi juga ikut datang ke kampung tersebut mendampingi tim vaksinasi.

Ia bercerita ada lansia yang enggan menjalani vaksinasi dengan menutup rumahnya rapat-rapat agar tidak dikunjungi tim vaksinasi.

"Kami dan Babinsa juga mendampingi tim vaksinasi dari Puskesmas ke Kedung Dendeng. Untuk kesana butuh perjuangan ekstra, perjalanan naik motor hampir 2 jam, medannya juga berat," ungkap Pranan saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Menurutnya tim penjemput memilih mendatangi lansia dari rumah ke rumah.

Mereka memberikan pemahaman terkait pentingnya vaksinasi, serta memfasilitasi lansia menuju lokasi vaksinasi.

Perjalanan tim vaksinasi "merayu" para lansia agar mau disuntik dosis vaksin, ternyata tidak mudah.

Ada Lansia yang keberatan disuntik vaksin karena merasa sehat, hingga rasa takut karena memiliki riwayat penyakit tertentu.

"Kendala yang kami hadapi, antara lain ya, banyak yang takut terkena apa-apa setelah vaksin. Ada juga yang tidak mau vaksin karena merasa sehat, sehingga tidak perlu vaksin," ungkap Pranan.

Sudah sentuh angka 80 persen

Pranan mengaku saat ini cukup lega karena perjuangannya bersama personel dari Polsek Plandaan mendampingi tim vaksinasi mulai menunjukkan hasil.

Perjuangan ekstra, baik saat mengajak lansia maupun mengunjungi wilayah terpencil terbayar dengan adanya peningkatan capaian vaksinasi.

"Vaksinasi lansia ada peningkatan dan capaian secara keseluruhan juga meningkat. Hari ini, kalau tidak salah, pencapaian vaksinasi di Kecamatan Plandaan sudah mencapai 80 persen," ungkap Pranan.

Sementara itu Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengungkapkan, pencapaian vaksinasi di tingkat kabupaten sudah di atas 70 persen.

Sedangkan pencapaian vaksinasi untuk lansia, hingga Senin (27/9/2021), sebanyak 68 persen.

Padahal Kamis (23/9/2021), pencapaian vaksinasi untuk lansia masih berada pada angka 47,1 persen.

"Itu untuk penyuntikan dosis satu. Kalau untuk dosis dua, hari tercatat sudah 48,69 persen," kata Budi, saat dikonfirmasi Kompas.com.

Dia meyakini, dengan naiknya pencapaian vaksinasi untuk lansia hingga di atas 60 persen, penerapan level PPKM di Kabupaten Jombang bisa turun ke level 1.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Moh. Syafií | Editor : Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/09/28/131300178/lansia-di-daerah-terpencil-jombang-tutup-pintu-saat-tim-vaksinasi-datang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke