Salin Artikel

Anak Muda Didorong Jadi Petani Modern, Pengangguran Diklaim Berkurang

Menurut Dony Indrawan, Manager Communication, Relation and CID PHI, sebelumnya di lokasi lapangan BSP di PHM, ada 250 anak muda yang menganggur.

Mereka rata-rata tidak berminat dengan pertanian dan memiliki kemampuan terbatas.

Namun, pihak Pertamina melihat ada potensi menggarap bidang pertanian.

Caranya ada empat. Pertama, kolaborasi petani tua dan muda. Kedua, penggunaan teknologi drone. Ketiga, aplikasi tanam digital.

Keempat, praktik pertanian pertakultur dengan Bio-Tasuke dari limbah organik.

"Program ini pada akhirnya berhasil menyelesaikan masalah sosial yakni dengan mengurangi jumlah pemuda penggangguran hingga 13 persen dan pelestarian limbah organik," kata Dony dalam acara Sharing Session “Strategi Investasi Sosial dan Pencapaian Proper di Sektor Hulu Migas”, melalui rilis ke Kompas.com, Minggu (26/9/2021).

Selain Program Petani 4.0, PHI juga mengunggulkan Program Tani Terpadu Sistem Inovasi Sosial Kelompok Setaria atau TANTE SISKA Lapangan PT Pertamina EP Sangasanga Field dan Budidaya Lalat Hitam (BULATIH) Pertamina Hulu Kalimantan Timur untuk bisa meraih PROPER Emas 2021.


CSR dan upaya meningkatkan kemandirian masyarakat

PROPER adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan yang dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) sejak 1995

Sigit Reliantoro, Plt Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK mengatakan, saat ini ada empat tipe PROPER.

Tipe pertama dan terendah, yakni program yang bersifat charity. Kedua, program menunjang pembangunan infrastruktur.

Ketiga, program peningkatan kapasitas masyarakat.

Keempat, serta tipe tertinggi, adalah program pemberdayaan masyarakat hingga masyarakat tersebut mandiri dan bermartabat.

"PROPER berhasil mendorong perusahaan peserta untuk mengurangi proporsi program yang bersifat charity menjadi jenis program yang lain seperti peningkatan kapasitas, infrastruktur dan pemberdayaan,” kata Sigit.

Menurut dia, perusahaan bisa dapat penghargaan PROPER emas jika perusahaan tersebut bisa membuat inovasi sosial. Artinya, tak hanya berhasil, tapi juga terukur, efisien memenuhi kebutuhan masyarakat dan cara penyelesaiannya merupakan metode baru.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/26/151021478/anak-muda-didorong-jadi-petani-modern-pengangguran-diklaim-berkurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke