Salin Artikel

Kolaborasi Kompas Gramedia dan Kalbe Farma Hadirkan Vaksinasi untuk Warga

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi dan Pemerintah Kabupaten Bandung.

Sentra vaksinasi Covid-19 kali ini diprioritaskan untuk ibu hamil, pelajar, dan juga masyarakat umum.

Bupati Bandung Dadang Supriatna optimistis, kegiatan ini bisa membantu pemerintah untuk mencapai target vaksinasi.

“Kepedulian Kompas Gramedia dan Kalbe dalam vaksinasi ini sangat luar biasa dan sangat diapresiasi. Terima kasih atas kepeduliannya, dan kami juga menyediakan tenaga kesehatan. Mudah-mudahan dapat diikuti oleh semua orang,” kata Dadang dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Corporate Sustainability Manager PT Kalbe Farma Tbk Abi Nisaka mengatakan, penyelenggaraan sentra vaksinasi Covid-19 ini merupakan wujud komitmen Kalbe dan bagian dari kontribusi Kalbe terhadap terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Selain mengadakan vaksinasi, Kalbe juga terus berinovasi untuk menyediakan obat, suplemen, layanan telemedicine, dan laboratorium terkait pemeriksaan terapi Covid-19 yang dibutuhkan masyarakat," tutur Abi.

Penggunaan alat tes yang merupakan hasil inovasi Kalbe itu untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan aman bagi tenaga kesehatan dan masyarakat.

"RT-LAMP Saliva bisa menjadi solusi dalam membantu pemerintah untuk memperluas cakupan tes terhadap virus SARS-CoV-2, khususnya di daerah-daerah yang tidak memiliki kapasitas mesin RT-PCR yang mencukupi," kata Abi.

Menurut Abi, metode RT-LAMP Saliva tidak memerlukan fasilitas alat lab yang mahal, cukup memerlukan water bath sebagai alat utama, ditambah peralatan lab standar lainnya seperti pipet, tabung, minicentrifuge, dan vortex mixer.

Sementara itu, General Manager Communication Management Kompas Gramedia Saiful Bahri mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini merupakan rangkaian kolaborasi antara KG dan Kalbe, bertepatan dengan ulang tahun ke-58 KG dan ke-55 Kalbe.

"Program sudah dimulai sejak 17 Agustus lalu. Kemudian kami keliling ke 4 kota, Pekanbaru, Bantul, Gresik, dan Kabupaten Bandung adalah terakhir. Di Kabupaten Bandung ini target peserta 1.500 orang, sedangkan di kota lain rata-rata 1.000," tutur Saiful.

Saiful Bahri mengatakan, empat kota yang terpilih sebagai lokasi vaksinasi berangkat dari data Litbang Kompas terkait daerah dengan capaian vaksinasi yang belum maksimal.

"Kami tidak menutup kemungkinan untuk penyelenggaraan kolaborasi dengan pihak lain, agar herd immunity segera tercapai," kata Saiful.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/24/210601678/kolaborasi-kompas-gramedia-dan-kalbe-farma-hadirkan-vaksinasi-untuk-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke