Salin Artikel

Detik-detik Bus PO Sugeng Rahayu Tabrak Truk Kontainer di Wates, 2 Tewas dan Korban Terjepit

KOMPAS.com - Bus perusahaan otobus (PO) Sugeng Rahayu menabrak truk kontainer yang sedang parkir di Jalan Wates-Purworejo, Kalurahan Sindutan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kecelakaan itu membuat kondektur dan seorang penumpang tewas. Beberapa penumpang dan sopir bus dilaporkan alami luka ringan dan segera dilarikan ke RSUD Wates dan RS Rizky Amalia Temon.

“Dua meninggal dunia, yakni satu kernet meninggal di tempat, satunya lagi adalah penumpang di rumah sakit. Sedangkan tiga korban luka, bahkan luka ringan dan ada yang sudah pulang. Termasuk sopir selamat tapi luka ringan,” kata Kasat Lantas Polres Kulon Progo, AKP Antonius Purwanta di lokasi tabrakan, Jumat (24/9/2021).

Purwanta menjelaskan, kecelakaan itu terjadi pada pukul 03.35 WIB. Menurut saksi mata, bus dengan nomor polisi W 7336 UZ melaju kencang dari arah Timur.

Tiba-tiba saat melintas di lokasi, bus menabrak bagian belakang truk bernomor polisi B 9103 UOK.

“Bus Sugeng Rahayu ini datang dari arah Timur menabrak truk kontainer dari belakang,” kata Antonius Purwanta di lokasi tabrakan, Jumat (24/9/2021).

Akibat kecelakaan itu, separuh badan bus di sisi kiri ringsek dan menancap pada kontainer.

Dilansir dari Tribunnews, sopir bus diduga mengantuk dan tak bisa mengendalikan laju kendaraannya. 

"Diduga karena sopir mengantuk, sehingga tidak melihat kalau di depannya ada truk kontainer yang terparkir, akhirnya terjadi kecelakaan," terangnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Korban terjepit

Sementara itu, menurut Humas Basarnas DIY Pipit Eriyanto, salah satu korban sempat kondisinya terjepit badan bus.

Evakuasi, kata Pipit, terpaksa melibatkan Tim Rescue dengan peralatan khusus.

“Berdasarkan laporan dari PMI bahwa ada korban terjepit dan membutuhkan penanganan khusus,” kata Pipit melalui pesan singkatnya.


Dari keterangan salah satu saksi mata Ainah (56) yang juga pemilik angkringan Reinhard & Citra di sekat lokasi menceritakan, diriya melihat satu per satu penumpang bus berhasil keluar dari pintu belakang.

“Waktu itu sepi. Tidak ada siapa-siapa. Satu satu keluar dari pintu belakang, ada juga yang bawa bunga, bawa barang,” kata Ainah.

Setelah beberapa saat, warga di sekitar lokasi datang untuk menolong para korban.

(Penulis: Kontributor Yogyakarta, Dani Julius Zebua | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul: Kronologi Kecelakaan Bus Sugeng Rahayu Tabrak Truk Kontainer di Kulonprogo, Ini Penjelasan Polisi

https://regional.kompas.com/read/2021/09/24/114400578/detik-detik-bus-po-sugeng-rahayu-tabrak-truk-kontainer-di-wates-2-tewas-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke