Salin Artikel

Hilang Selama Dua Hari, Seorang Warga Ditemukan di Pulau Tak Berpenghuni

BATAM, KOMPAS.com – Reki Heriadi (23) warga Desa Pesisir Timur, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), yang juga merupakan anak buah kapal (ABK) KM Star 86 dilaporkan hilang di perairan Anambas, Minggu (19/9/2021).

Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban kemudian ditemukan di Pulau Tokong Malang Biru, sebuah pulau tak berpenghuni yang dipenuhi bebatuan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kabuoaten Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan, kejadian itu bermula saat korban diketahui terpeleset saat mencuci tangan di belakang kapal yang ia tumpangi.

Menurutnya, korban kemudian terombang ambing selama dua malam sejak dilaporkan hilang.

"Saat jatuh ke laut, korban hanya mengenakan celana pendek saja. Korban lalu hanyut sampai ke titik koordinat Pulau Tokong Malang Biru yang terletak di laut Natuna atau bagian dari laut Cina Selatan," kata Maxianus melalui keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Mexianus menjelaskan, dalam proses pencarian korban, Kantor SAR Natuna turut dibantu oleh Polairut Anambas, tiga kapal nelayan sekitar dan turut ikut pula kakak dari Reki Heriadi.


Melambaikan tangan di pulau tak berpenghuni

Sebelum berhasil menemukan Reki, tim pencarian lebih dulu melihat seseorang yang melambai-lambaikan tangan di Pulau Tokong Malang Biru.

"Karena kondisi pulau yang tidak memungkinkan untuk kapal bersandar, korban kami minta untuk turun ke tebing lalu terjun ke laut. Sementara itu, salah satu petugas juga sudah stand by di laut dengan pelampung untuk segera mengevakuasi korban," jelas Maxianus.

Setelah diberi pakaian dan makanan, korban kemudian dibawa ke RSUD Tarempa untuk diperiksa kesehatannya.

"Di RSUD Tarempa korban juga turut didampingi pihak keluarga, dengan demikian operasi saya nyatakan ditutup. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat," pungkas Maxianus.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/24/061241978/hilang-selama-dua-hari-seorang-warga-ditemukan-di-pulau-tak-berpenghuni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke