Salin Artikel

Sekolah Muhammadiyah di Kota Yogyakarta Belum Gelar PTM dalam Waktu Dekat

Namun, sekolah swasta milik Muhammadiyah belum akan menggelar PTM dalam waktu dekat.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Akhid Widi Rahmanto mengatakan Muhammadiyah Kota Yogyakarta belum buru-buru akan membuka PTM mengingat kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta masih fluktuatif.

"Kita sekolah swasta kalau ada apa-apa kan hancur-hancuran kami. Maka kami lebih hati-hati melihat dulu situasi sama penerapan yang sudah, Ini betul kami tidak berani nanti ketika kita ikut-ikutan tapi ternyata jadi klaster lagi ini sangat-sangat runyam bagi kami," ucap dia saat dihubungi, Senin (20/9/2021).

Total sekolah milik Muhammadiyah di Kota Yogyakarta sebanyak 62 di semua jenjang untuk jenjang TK terdapat 75 sekolah.

"Seluruh jenjang belum PTM," imbuh dia.

Terkait vaksinasi di pelajar Muhammadiyah sendiri sudah mencapai 80 persen lebih, tapi untuk jenjang SD belum mendapatkan vaksinasi karena berusia di bawah 12 tahun.

"Kalau yang SMP dan SMA Insya Allah sudah. 80 persen saya kira sudah lebih," ucap Akhid.

Muhammadiyah juga akan mengevaluasi berjalannya PTM di sekolah negeri selama tiga hari ke depan untuk memutuskan ikut membuka kembali sekolahnya atau tidak.

Dihubungi terpisah, Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengatakan total sebanyak 195 sekolah jenjang SMA dan SMK siap untuk melakukan uji coba.

"Kemarin yang sudah siap 195 sudah siap semuanya. Baik itu vaksinasi (siswa) susah rata-rata 80 persen, sisi kesiapan di sekolah sudah siap," ucap dia.


Walaupun sudah ada sebanyak 195 siap melakukan PTM hanya sebagian saja yang memulai uji coba PTM karena pekan ini bersamaan dengan Penilaian Tengah Semester (PTS), sehingga masih banyak yang memilih untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Tapi karena sekolah ada PTS mereka mundur, tidak ada masalah. Memang sudah ada beberapa yang melakukan PTM. Beberapa sekolah mundur ada yang 27 September ada juga yang Oktober," imbuh dia.

Sedangkan untuk jenjang SMK di DIY sekarang ini sedang menjalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). 

Untuk sekolah yang menjalani PTM seluruh DIY dirinya belum bisa menjabarkan secara rinci.

Hanya saja, Didik memperkirakan ada sebanyak enam atau tujuh sekolah yang mulai uji coba PTM.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/21/072238578/sekolah-muhammadiyah-di-kota-yogyakarta-belum-gelar-ptm-dalam-waktu-dekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke