Salin Artikel

Polisi Selidiki Kasus Gowes Wali Kota Malang Masuk Pantai Kondang Merak yang Masih Tutup karena PPKM

MALANG, KOMPAS.com - Polres Malang menyelidiki kasus rombongan Wali Kota Malang, Sutiaji yang gowes ke Pantai Kondang Merak, Kabupaten Malang.

Sebab, rombongan wali kota memasuki tempat wisata yang masih ditutup akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Kami kepolisian sama Satgas Covid-19 Kabupaten Malang masih lidik mas. Masih lidik pelanggaran-pelangaran apa yang terjadi di situ. Apakah ada atau tidak. Lagi kami cek," kata Kapolres Malang AKBP Raden Bagoes Wibisono, saat dihubungi, Senin (20/9/2021).

Bagoes mengatakan, Pantai Kondang Merak yang ada di deretan pantai selatan Kabupaten Malang itu masih ditutup.

Hal itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). Sebab, Kabupaten Malang masuk dalam penerapan PPKM level 3.

"Tempat wisata masih tutup sementara ini. Karena kita masih PPKM level 3 sesuai dengan Inmendagri," ujar dia.

Bagoes mengatakan, pihaknya tidak mendapatkan ada pemberitahuan terkait agenda gowes wali kota dan rombongannya itu.

"Saya belum dapat mengatakan dapat izin atau tidak. Karena masih data penyelidikan. Kalau mereka bilang izin, tidak tahu. Karena pihak kepolisian sendiri tidak ada penyampaian atau berita bahwa mereka akan melaksanakan gowes ke lokasi tersebut," kata dia.

Saat kejadian, anggotanya sudah berusaha untuk menghalau rombongan wali kota itu supaya tidak memasuki area pantai. Namun, rombongan itu tetap masuk.


Saat itu, anggota polisi yang menghalau merupakan anggota polisi yang sedang bertugas patroli di kawasan pantai selatan Kabupaten Malang.

"Itu kebetulan anggota sedang patroli. Patroli rutin setiap hari. Memeriksa tempat-tempat wisata. Apakah dilakukan penutupan sementara atau ada yang buka," kata dia.

Diketahui, video kegiatan gowes Wali Kota Malang, Sutiaji bersama jajarannya viral di media sosial.

Sebab, rombongan gowes itu memasuki kawasan wisata Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang yang masih tutup karena PPKM level 3.

Gowes itu berlangsung pada Minggu (19/9/2021).

Selain Sutiaji, sejumlah pejabat di Pemerintah Kota Malang ikut dalam gowes tersebut. Seperti Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso.

Dalam video yang beredar, rombongan tersebut sempat dihalau oleh seorang anggota polisi yang bertugas. Namun, rombongan itu tetap memasuki area pantai.

Dalam video itu juga terlihat sejumlah kendaraan dinas Pemerintah Kota Malang berplat merah.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/132942578/polisi-selidiki-kasus-gowes-wali-kota-malang-masuk-pantai-kondang-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke