Salin Artikel

20 Ton Jagung Bantuan dari Jokowi Tiba di Gudang Pakan Milik Suroto di Blitar

BLITAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengirimkan 20 ton jagung kepada Suroto, peternak ayam yang membentangkan poster ke arahnya saat berkunjung ke Kota Blitar beberapa waktu lalu.

Dua truk jagung kiriman dari Jokowi itu tiba di gudang pakan milik Suroto di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, yang berjarak 25 kilometer di selatan Kota Blitar, Senin (20/9/2021) sekitar pukul 09.15 WIB.

Jagung pemberian Jokowi kepada Suroto selaku pribadi itu diantar langsung oleh tiga orang yang mengaku sebagai staf pribadi Jokowi.

"Jumlahnya 20 ton. Kami beli dari Jawa Tengah dan langsung dibawa ke sini," ujar Tommy Agustinoval, salah satu staf pribadi Jokowi, kepada Kompas.com, Senin.

Tommy mengatakan, dirinya dan dua staf pribadi Jokowi yang lain ditugaskan untuk mengawal dan memastikan jagung untuk Suroto tiba hari ini.

Usai diminta menandatangani tanda terima, Suroto bersama tiga staf pribadi Jokowi memeriksa jagung tersebut.

"Bagus ini. Tingkat kekeringannya juga bagus," kata Suroto sembari menimang-nimang jagung dari beberapa karung yang diturunkan dari kedua truk tersebut.

Suroto menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas kiriman jagung tersebut.

Menurut dia, Jokowi telah bertindak cepat dengan memerintahkan staf pribadinya mengirimkan pemberian jagung untuk dirinya.

"Terima kasih perhatian dan apresiasi Bapak Presiden yang begitu cepat ya. Bapak Presiden langsung mengutus sekretaris kepresidenan, sekretaris pribadi Bapak Presiden untuk memastikan jagung untuk saya," ujarnya.

Satu jam sebelum kedatangan dua truk jagung pemberian Jokowi, satu truk tronton juga tiba di gudang pakan milik Suroto.

Suroto sempat menduga truk tronton tersebut membawa jagung kiriman dari Jokowi untuk dirinya.

Namun, ia kemudian menelepon seseorang yang memberitahukan bahwa truk besar itu bukan truk yang membawa jagung untuk dirinya pribadi.

Jagung sebanyak 30 ton itu ternyata jagung kiriman dari Kementerian Pertanian yang hendak dijual ke para peternak di Blitar dengan harga Rp 4.500.

Hal itu merupakan bagian dari hasil pertemuan dengan Jokowi di Jakarta dengan sejumlah peternak ayam, termasuk Suroto.

Ketika itu, Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk menyediakan 30.000 ton jagung bagi peternak ayam dengan harga di bawah harga pasar, yaitu Rp 4.500 per kilogram.

"Kami sangat mengapresiasi Pak Jokowi juga begitu cepat menginstruksikan menterinya untuk mengirimkan jagung bagi peternak ayam di Blitar," tambah Suroto.

Isu jagung menjadi perhatian Jokowi setelah insiden aksi Suroto membentangkan poster ke arah Jokowi saat berkunjung ke Kota Blitar pada Selasa (7/9/2021).

Poster itu berbunyi "Pak Jokowi Tolong Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar. Telur Murah".

Karena aksinya, Suroto digelandang ke Mapolres Blitar Kota dan menjalani pemeriksaan.

Namun, sepekan kemudian, Rabu (15/9/2021), Jokowi mengundang dirinya bersama peternak lain ke Istana Kepresidenan di Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/113448778/20-ton-jagung-bantuan-dari-jokowi-tiba-di-gudang-pakan-milik-suroto-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke