Salin Artikel

Usai Peternak Ayam Geruduk Rumah Suroto, Jagung Bantuan Jokowi Akan Tiba di Blitar Hari Ini

BLITAR, KOMPAS.com - Jagung bantuan Presiden Joko Widodo bagi peternak ayam petelur dikabarkan tiba di Blitar, Jawa Timur, Senin (20/9/2021) pagi.

Jokowi juga dikabarkan akan mengirimkan bantuan jagung khusus untuk Suroto, peternak ayam yang membentangkan poster ke arah orang nomor satu di Indonesia itu saat berkunjung ke Blitar dua pekan lalu.

"Iya. Pagi ini penyerahan simbolik jagung dari pemerintah di koperasi peternak ayam," ujar Suroto saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin.

Jagung yang khusus diterima Suroto akan diantar ke rumahnya langsung di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Kendati demikian, Suroto tidak dapat memastikan jumlah jagung yang dikirimkan Jokowi untuknya.

"Tapi, kabarnya dua truk," ujarnya.

Ia juga belum mengetahui jumlah bantuan jagung yang akan diberikan bagi kalangan peternak ayam petelur.

Sebelumnya diberitakan, belasan perempuan peternak ayam petelur mendatangi rumah Suroto untuk mempertanyakan kenapa harga jagung masih mahal pada Sabtu (18/9/2021).

Suroto mengatakan, ibu-ibu peternak menanyakan kapan jagung yang dijanjikan Jokowi sebanyak 30.000 ton dengan harga Rp 4.500 per kilogram tersedia.

Suroto mengaku meminta mereka bersabar karena bantuan jagung seharga Rp 4.500 per kilogram itu sudah diputuskan sendiri oleh Jokowi.

"Beliau tanpa konsultasi sama Menteri Perdagangan sama Menteri Pertanian lho, langsung mengiyakan," ujar Suroto kepada Kompas.com, Sabtu lalu.

Ia meyakini bahwa bantuan jagung itu akan datang tidak lama lagi karena waktu itu Jokowi langsung menginstruksikan kepada Meteri Pertanian agar segera berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan.

"Soalnya sesuai statement Pak Yasin Limpo saat itu, 'Siap, Bapak Presiden, dalam minggu-minggu ini segera kita siapkan, segera kita geser jagung yang ada di luar Pulau Jawa untuk dikirim ke sentra-sentra peternakan di Blitar, Jawa Tengah, dan Lampung'," kata Suroto menirukan jawaban Menteri Pertanian kepada Jokowi.

Suroto diketahui diundang ke istana usai foto aksinya membentangkan poster ke arah Jokowi viral di media sosial.

Ia sempat ditangkap dan diperiksa oleh pihak kepolisian terkait aksinya tersebut, meski akhirnya dipulangkan.

Dalam posternya tersebut, Suroto menuliskan, "Pak Jokowi, bantu peternak beli jagung dengan harga wajar, telur murah".

https://regional.kompas.com/read/2021/09/20/084807278/usai-peternak-ayam-geruduk-rumah-suroto-jagung-bantuan-jokowi-akan-tiba-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke