Salin Artikel

Puluhan Rumah di Cianjur Rusak Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang

Akibatnya, puluhan rumah di Mekarwangi, Kecamatan Haurwangi rusak dan sejumlah rumah di Sukamanah, Kecamatan Warungkondang retak

Camat Cibeber, Ali Akbar menyampaikan, hujan deras mengakibatkan tanah di atas perbukitan bergeser sehingga memicu getaran ke permukiman penduduk.

"Sedang didata jumlah pastinya yang terdampak. Namun memang ada laporan satu rumah yang retak, dan beberapa yang terancam," kata Ali kepada Kompas.com, Rabu (15/9/2021) petang.

Ali menyebutkan, pergerakan tanah terjadi di Kampung Pasirbungur dan Neglasari.

"Korban jiwa nihil. Kita masih asesmen apakah warga yang terdampak perlu dievakuasi mengingat curah hujan sedang tinggi," ujar dia.

Hujan deras dan angin kencang

Di tempat lain, Kepala Desa Mekarwangi, Cecep Surahman menyebutkan, hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan puluhan rumah di sembilan kampung rusak.

"Korban jiwa nihil. Untuk rumah yang rusak berat, penghuninya kita arahkan untuk sementara menempati aula desa atau rumah tetangga," kata Cecep kepada wartawan, Rabu.

Cecep menyebutkan, selain menerbangkan genting-genting rumah warga, cuaca ekstrem tesebut juga mengakibatkan pohon Trembesi tumbang dan menutup badan jalan.

Selain itu, batang pohon juga mengakibatkan jaringan listrik dan telepon sempat terputus.

“Proses pembersihan tengah dilakukan dengan memotong dan memangkas dahan pohon yang tumbang ke badan jalan," ujar Cecep.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/16/101439378/puluhan-rumah-di-cianjur-rusak-diterjang-hujan-deras-dan-angin-kencang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke