Salin Artikel

Penjelasan BMKG soal Fenomena Hujan Es di Banjarnegara

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Fenomena hujan es yang melanda wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, merupakan hal yang wajar.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, fenomena hujan es memang dimungkinkan terjadi di masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan atau pancaroba.

"Namun demikian, faktor lokal terkadang juga ikut memengaruhi. Biasanya ditandai dengan peningkatan suhu pada pagi hari disusul dengan hujan lebat pada siang dan sore hari," kata dia saat dihubungi, Rabu (15/9/2021).

Peristiwa kondensasi uap air hujan yang relatif cepat itulah, kata dia, yang terkadang berubah menjadi butiran es atau masyarakat menyebutnya dengan hujan es.

Dia menjelaskan, hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) pada kuadaran 3 di wilayah Indonesia.

MJO teramati bersamaan dengan aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial di sekitar wilayah Jawa Tengah.

Suhu muka laut dan anomali suhu muka laut juga terpantau masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia.

Kondisi itu mendukung peningkatan suplai uap air sebagai sumber pembentukan awan-awan hujan (kumulonimbus), termasuk di wilayah Jawa Tengah.

Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal serta didukung udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga lapisan atas juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan hujan (kumulonimbus) di wilayah Jawa Tengah.

Diberitakan sebelumnya, fenomena hujan es terjadi di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Rabu (15/9/2021) siang.

Nita Kurniasih, warga Desa Wanaraja, Kecamatan Wanayasa yang menyaksikan fenomena itu mengatakan, hujan es tersebut terjadi bersamaan dengan hujan lebat sekitar pukul 13.00 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/191725978/penjelasan-bmkg-soal-fenomena-hujan-es-di-banjarnegara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke