Salin Artikel

Alat Berat Kesulitan Jangkau Lokasi Longsor di Trenggalek, Warga Gotong Royong dengan Alat Seadanya

Akibatnya akses jalan dari Kecamatan Trenggalek menuju Kecamatan Bendungan, tidak bisa dilewati kendaraan.

“Jalur dari wilayah Kecamatan Trenggalek sisi Desa Parakan, Sukosari, Dawuhan, menuju kecamatan Bendungan tutup total tertimbun longsor,” kata Kapolsek Bendungan AKP Bambang Purwanto di lokasi longsor, Rabu (15/09/2021).

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak Selasa sore.

“Longsor terjadi pada Selasa (14/09/2021) kemarin, di dusun Kebonagung Desa Depok masuk wilayah kecamatan Bendungan,” terang Bambang.

Menurutnya, selain material longsor yang menutupi badan jalan, satu rumah juga terdampak.

Bambang enjelaskan, saat hujan deras mengguyur wilayah itu, warga melihat reruntuhan batu kecil dari tebing di sisi jalan dengan tinggi sekitar 50 meter.

“Ketika hujan kemarin sore, longsor diawali reruntuhan batu kecil. Warga sekitar sempat membuat selokan di bawah. Namun karena rawan dan hujan semakin deras, warga yang rumahnya tepat di depan longsoran pergi mengungsi,” jelas Bambang.

Material longsor berupa tanah serta pohon, menimbun seluruh ruas jalan dengan tebal sekitar dua meter hingga tiga meter, sepanjang sekitar 10 meter.

Rencananya, material longsor dibersihkan menggunakan alat berat. Namun, medan yang sulit dijangkau kendaraan roda empat membuat alat berat butuh waktu lama untuk menjangkau lokasi.

Untuk sementara, TNI-Polri bersama masyarakat membersihkan material longsor menggunakan peralatan seadanya. Sehingga, jalur tersebut bisa lewati warga.

“Yang penting bisa dilalui dulu oleh warga, sambil menunggu alat berat untuk bersihkan material,” ujar Bambang.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/125152678/alat-berat-kesulitan-jangkau-lokasi-longsor-di-trenggalek-warga-gotong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke