Salin Artikel

Aksi Heroik Brimob Ringkus Pria Mengamuk Bawa Pisau dan Nekat Menerobos Masuk KA, padahal Tak Punya Tiket

Calon penumpang itu nekat menerobos pintu masuk tanpa tiket, surat antigen dan surat vaksin.

Dalam dua video yang berdurasi 30 detik dan 28 detik tersebut, terlihat seorang anggota kepolisian menenangkan pria berkaus biru di lokasi yang berada di area parkir Stasiun Tanjung Karang.

Disebutkan pria tersebut mengamuk sambil membawa sebilah pisau.

Humas PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Jaka Jakarsih membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurut Jaka, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (11/9/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Jaka mengatakan, pria yang belakangan diketahui berinsial ZA (54) warga Kabupaten Bangka itu mengamuk sambil membawa sebilah pisau.

"Pelaku mengancam dan menodongkan pisau ke petugas keamanan. Selain itu pelaku juga memecahkan kaca pintu ruang VIP," kata Jaka saat dihubungi, Selasa (14/9/2021) malam.

Jaka mengatakan, pelaku sebenarnya sudah datang dua jam sebelum kejadian dan ingin menaiki KA Kuala Stabas tujuan Baturaja, Sumatera Selatan.

Menurut Jaka, pelaku tidak memiliki tiket serta surat persyaratan menaiki kereta api di masa pandemi, yakni surat antigen negatif ataupun surat sudah divaksin.

"Petugas kami sudah menjelaskan bahwa syarat naik kereta api harus memiliki tiket, surat rapid antigen dan surat vaksin. Tetapi pelaku tetap memaksa," kata Jaka.

Karena pelaku ngotot, petugas pun akhirnya menggiring pelaku untuk keluar dari area stasiun. Hingga pada pukul 15.00 WIB, pelaku datang kembali sambil membawa pisau dan mengamuk di stasiun.

Diringkus anggota Brimob

Amukan pelaku diredam setelah salah satu anggota Satuan Brimob Polda Lampung, Bripka Muazam berhasil meringkusnya.

Komandan Satuan Brimob Polda Lampung, Komisaris Besar Widiarso Suprapto membenarkan, anggotanya itu membantu penangkapan pelaku.

"Pelaku melakukan perusakan dan mengancam petugas keamanan Stasiun Tanjung Karang menggunakan pisau," kata Widiarso.


Menurut Widiarso, pada saat kejadian Bripka Muazam memang ditugaskan membantu pengamanan di stasiun.

Ketika pelaku mengamuk di area parkir stasiun, Bripka Muazam sempat berusaha menenangkan pelaku untuk menyerahkan pisau.

Namun, pelaku tetap mengamuk dan juga mengancam sejumlah warga yang ada di lokasi.

Sambil melihat situasi, Bripka Muazam tetap berusaha menenangkan pelaku. Dan ketika pelaku lengah, Bripka Muazam langsung menerjang dengan cara memeluk pelaku agar tidak bisa menggerakkan tangan.

"Setelah berhasil meringkus pelaku, anggota kita langsung membuang pisau yang dipegang pelaku," kata Widiarso.

Pelaku kemudian diserahkan ke Polsek Tanjung Karang Barat untuk diproses lebih lanjut.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/105115678/aksi-heroik-brimob-ringkus-pria-mengamuk-bawa-pisau-dan-nekat-menerobos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke