Salin Artikel

Kota Padang Masih PPKM Level 4, Capaian Vaksinasinya Tak Sampai 50 Persen, Ini Penjelasan Dinkes

Sementara Kota Padang sendiri saat ini masih berstatus PPKM Level 4.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan, secara keseluruhan target vaksinasi di Kota Padang yakni sebanyak 270.000 orang. Tapi yang divaksin hingga September 2021 belum ada separuh dari target itu. 

"Untuk vaksinasi tahap satu capaian kita sudah 33 persen dan tahap kedua sudah 20 persen," ujar Feri Mulyani kepada Kompas.com melalui telepon, Selasa (14/9/2021).

Ia berkilah jika pencapaian target vaksinasi tidak bisa dalam hitungan hari. 

"Untuk melakukan vaksinasi itu tidak bisa satu hari. Jadi kita akan terus melakukan vaksinasi sampai mencapai target," ujar Feri.

Saat ini untuk mencapai target vaksinasi 270.000 warga Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang saat ini menyasar vaksinasi untuk siswa.

"Saat ini kami melakukan vaksinasi massal menyasar para siswa. Itu salah satu cara untuk mencapai target," kata Feri.

Walaupun capaian vaksinasi di Kota Padang rendah, Feri Mulyani mengklaim saat ini kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi sudah mulai tinggi.

Ia juga mengimbau agar warga yang sudah melakukan vaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan sebab warga sudah divaksin pun masih bisa terpapar Covid-19.

"Mari patuhi protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dan selalu menjaga jarak," katanya.


Padang masih PPKM Level 4

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Sumatera Barat menargetkan 45.000 siswa SMP mendapat vaksinasi.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, hal itu dilakukan sebagai persiapan untuk memulai pendidikan tatap muka (PTM) SMP.

Vaksinasi untuk siswa SMP ini ditargetkan selesai pada 16 September 2021 mendatang. Setiap siswa yang akan mendapat vaksinasi harus mendapat izin dari orangtua.

"Tapi sejauh ini vaksinasi berjalan lancar dan para orangtua siswa memberikan dukungan yang luar biasa," ujar Wali Kota Padang Hendri Septa kepada sejumlah wartawan, Senin (13/9/2021).

Menurut Hendri Septa belajar tatap muka di Kota Padang baru bisa dimulai jika status PPKM sudah turun dari level 4. Kota Padang saat ini berada di PPKM Level 4.

"Kita mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Daerah yang berada di PPKM Level 4 tidak boleh menggelar sekolah tatap muka," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/15/060934978/kota-padang-masih-ppkm-level-4-capaian-vaksinasinya-tak-sampai-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke