Salin Artikel

Susul Lamongan dan Tuban, Gresik Juga Terapkan PPKM Level 1

GRESIK, KOMPAS.com - Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kini juga masuk PPKM level 1 menyusul Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban yang sudah lebih dulu menerapkan level terendah PPKM itu. 

Hal ini diketahui berdasarkan asesmen situasi terbaru yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui situs resminya per Senin (13/9/2021) pukul 15.00 WIB.

Plt kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik Mukhibatul Khusnah mengatakan, penerapan PPKM level 1 ini tak lepas dari pelaksanaan vaksinasi yang gencar bagi pelajar maupun warga umum untuk menekan penularan Covid-19. 

"Saat ini vaksinasi di Gresik sudah mencapai 49 persen. Mudah-mudahan di minggu depan, dengan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan sudah mencapai 60 atau 70 persen. Mohon doanya," ujar Khusnah di sela agenda vaksinasi Badan Intelijen Negara (BIN) Jatim di SMA Negeri 1 Cerme, Senin (13/9/2021).

Menurut data yang dimiliki Dinkes Gresik, sejauh ini vaksinasi untuk pelajar berusia 12 sampai 17 tahun sudah mencapai sebanyak 21.799 siswa untuk dosis satu.

Sementara untuk dosis kedua, sudah mencapai sebanyak 1.211 siswa.

"Pemerintah Kabupaten Gresik mengucapkan banyak terima kasih kepada Kabinda (Kepala BIN Jatim) yang telah berpartipasi melaksanakan vaksinasi di Gresik," tutur Khusna.

Lebih lanjut Khusna menuturkan, pihaknya saat ini tidak hanya menggencarkan vaksinasi kepada para pelajar tapi juga masyarakat dengan langsung menyasar ke desa-desa dalam rangka percepatan vaksinasi guna mewujudkan herd immunity.

"Harapannya, nanti dengan pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar dan serbuan vaksinasi masyarakat akan terbentuk herd immunity. Sehingga masyarakat di Gresik bisa sehat, normal kembali, dan pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan," ucap Khusnah.

Pemberitahuan mengenai masuknya Kabupaten Gresik dalam PPKM Level 1 juga sempat diunggah oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, melalui akun resminya @khofifah.ip.

Kini total ada enam Kabupaten/Kota di Jatim yang masuk PPKM Level 1.

Selain Gresik, Kabupaten/Kota lain di Jatim yang kini sudah termasuk dalam PPKM Level 1 adalah Lamongan, Tuban, Pasuruan, Sidoarjo, Jember, serta Banyuwangi. 

Sementara 19 Kabupaten/Kota berada di Level 2 dan sebanyak 13 Kabupaten/Kota di Jatim masih berada dalam Level 3.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/13/220904778/susul-lamongan-dan-tuban-gresik-juga-terapkan-ppkm-level-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke