Salin Artikel

Pesan Presiden Jokowi Saat BIN Jawa Timur Gelar Vaksinasi untuk Pelajar

GRESIK, KOMPAS.com - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur menggelar agenda vaksinasi bagi pelajar di Gresik.

Sebanyak 5.500 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan dalam agenda kali ini.

Khusus pada agenda vaksinasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cerme, dilaksanakan video konferensi bersama Presiden Joko Widodo, berbarengan dengan sembilan tempat lain yang tersebar di seluruh Indonesia, Senin (13/9/2021).

"Supaya anak-anak kami, para pelajar kami, semua tetap sehat dan terlindungi dari bahaya Covid-19 dan bisa segera menggelar pembelajaran tatap muka," ujar Presiden Joko Widodo dalam video konferensi, Senin.

Presiden Jokowi juga meminta kepada pihak sekolah, supaya aktif berperan serta dan menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah setempat, dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi para pelajar di tempatnya masing-masing.

"Sekali lagi kepada bapak dan ibu kepala sekolah, kalau sudah divaksin segerakan pembelajaran tatap muka terbatas. Yang juga penting, sudah berada di level 3 atau level 2," tutur Jokowi.

"Juga kepada seluruh bapak dan ibu kepala sekolah, kejar bapak maupun ibu bupati dan wali kota untuk segera vaksinasi kepada pelajar-pelajar kita ini agar bisa segera diselesaikan, bisa dirampungkan. Bisa dibantu dari Pak Kabinda, dari Polri, dari TNI, semuanya, yang penting kecepatan harus bisa segera diselesaikan untuk vaksinasi para pelajar, agar bisa segera pembelajaran tatap muka terbatas," kata Jokowi.

Sementara Kepala BIN (Kabinda) Jawa Timur Marsma TNI Rudy Iskandar mengatakan, agenda vaksinasi dengan 5.500 dosis vaksin yang dipersiapkan tersebar di empat titik.

Rinciannya, SMA Negeri 1 Cerme sebanyak 1.250 dosis, kemudian 1.250 dosis untuk pelajar SMP, SMA dan SMK di YPI Darussalam Cerme, juga sebanyak 2.500 dosis untuk siswa di MAN 1 Gresik di Kecamatan Bungah.

"Selain itu, kami juga melaksanakan vaksinasi door to door masyarakat di Kecamatan Kebomas, kami menyasar warga dan para petambak," kata Rudy.

Rudy berterima kasih kepada semua pihak, yang telah membantu agenda vaksinasi kali ini hingga berjalan lancar.


Mulai dari pemkab, Dinas Kesehatan Gresik dan semua tenaga kesehatan yang terlibat. Termasuk, pihak sekolah dan para pelajar yang terlibat.

"Agenda vaksinasi tidak hanya berlangsung di Gresik dan akan kami lanjutkan di Kabupaten/Kota lain yang ada di Jawa Timur. Seminggu ada tiga kali, kami akan bekerja sama dengan Dinas kesehatan setempat, TNI dan Polri," tutur Rudy.

Plt Kepala SMA Negeri 1 Cerme Ainur Rofiq mengaku bangga, sekolah yang dipimpin olehnya bisa termasuk dalam agenda sepuluh sekolah terpilih dalam video konferensi bersama Presiden Jokowi, dan sekaligus dihadiri secara langsung oleh Kabinda Jawa Timur Marsma TNI Rudy Iskandar beserta jajaran.

"Sangat istimewa, sebuah kehormatan bagi sekolah kami. Dari sepuluh sekolah di Indonesia, kami termasuk di dalamnya. Semua anak-anak, semua guru, menyambut dengan gembira. Apalagi vaksin yang telah kami tunggu-tunggu, akhirnya bisa dilaksanakan pada hari ini," tutur Ainur.

Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Cerme, Troy Prasthyo yang duduk di bangku kelas 12 mengatakan, senang bisa menjalani agenda vaksinasi yang telah lama ditunggu.

Karena ia mengaku, sudah rindu dengan pembelajaran tatap muka.

"Sudah sangat rindu ingin kembali ke sekolah, karena terus terang saya sudah bosan rebahan, belajar dari rumah. Semoga dengan ini, kami sudah tidak lagi khawatir dan was-was dalam menjalani pembelajaran tatap muka," ucap Troy.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/13/140911878/pesan-presiden-jokowi-saat-bin-jawa-timur-gelar-vaksinasi-untuk-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke