Salin Artikel

Kerugian Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi Ditaksir Mencapai Rp 2 Miliar

Sekitar Rp 1 miliar kerugian berasal dari kerusakan bangunan dan Rp 1 miliar dari barang dagangan pedagang yang hangus.

"Data sementara yang kita dapat dari Bukittinggi, kerugiannya diperkirakan Rp 2 miliar akibat 300 petak lapak pedagang yang hangus terbakar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi Kompas.com, Minggu (12/9/2021).

Satake menyebutkan, polisi sedang menyelidiki kasus kebakaran tersebut.

"Untuk penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan oleh Inafis Sat Reskrim Polres Bukittinggi dan Unit Reskrim Polsek Bukittinggi," kata Satake.

Satake menceritakan kronologi kebakaran tersebut. Awalnya, seorang petugas ronda bernama Rahmat sedang berpatroli di Pasar Bawah.

Rahmat melihat percikan api di dalam kedai gula aren. Budi lalu menghubungi petugas lainnya, Romi yang berada kurang lebih 50 meter dari lokasi.

"Kemudian kedua saksi kembali ke kedai jualan gula aren tersebut, setiba di sana, ke dua saksi telah melihat api yang membesar, dan menyebar ke kedai lainnya," jelasnya.

Rahmat dan Budi berusaha memadamkan api dan menghubungi pemadam kebakaran Kota Bukittinggi. Sekitar 15 menit kemudian, petugas damkar tiba di lokasi.

Sebelumnya, Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Bawah  Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu (11/9/2021) sekitar pukul 02.15 WIB.


Akibat kebakaran itu sekitar 300 lapak pedagang yang rata-rata tersebut dari kayu hangus terbakar menjadi abu.

Pasar Bawah Bukittinggi merupakan pasar tradisional yang dihuni pedagang kebutuhan bahan pokok.

Pasar ini pernah ditinjau Menteri Perdagangan M Lutfi pada April 2021 lalu bersama anggota DPR RI Andre Rosiade. Saat itu M Lutfi menyebutkan revitalisasi Pasar Bawah tersebut kondisinya sudah sangat mendesak.

Menurut Lutfi, usulan tersebut sudah masuk dengan anggaran Rp 400 miliar.

"Usulan Rp 400 miliar. Mungkin tidak penuh, di atas angka Rp 150 miliar lah. Kita akan rencanakan dengan PUPR," kata Lutfi.

Anggota DPR RI Andre Rosiade mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut karena pedagang Pasar Bawah mengalami musibah itu.

"Saya sangat prihatin dengan kondisi itu. Sekarang kita ingin pembangunan pasar itu bisa menjadi prioritas," kata Andre kepada Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/09/12/133152478/kerugian-kebakaran-pasar-bawah-bukittinggi-ditaksir-mencapai-rp-2-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke