Salin Artikel

23 Lokasi Isoter di Sekolah Dipindahkan Jelang PTM di Jombang

JOMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 23 rumah sehat atau isolasi terpusat (isoter) yang berlokasi di sekolah akan dipindahkan menyusul rencana pembelajaran tatap muka (PTM) di Jombang, Jawa Timur, mulai Senin (13/9/2021).  

Rumah sehat merupakan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan yang disediakan Pemkab Jombang sebagai tempat karantina.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo mengungkapkan, pemindahan tempat isoter dari 23 SMP sudah dilakukan secara bertahap sejak awal September.

Saat ini, lanjut dia, tidak ada lagi isoter yang masih menempati gedung sekolah.

"Karena akan digunakan untuk pembelajaran tatap muka, (isoter) rumah sehat sudah dipindahkan. Mulai tanggal 5 kemarin sudah dilakukan sterilisasi," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Sebelumnya, 23 SMP di 21 kecamatan digunakan sebagai isoter pasien Covid-19. 

Tempat isolasi itu dibuka menyusul tingginya kasus Covid-19 aktif, namun didominasi pasien yang tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

Saat ini, tempat isoter di masing-masing kecamatan menempati sejumlah tempat antara lain gedung serbaguna dan gedung tenis indoor.

Agus menjelaskan, menjelang PTM, seluruh sekolah jenjang SD dan SMP sedang mempersiapkan kelayakan sebagai tempat belajar.

Untuk menyambut kedatangan siswa, seluruh sekolah mulai melakukan sterilisasi tempat belajar dan lingkungan sekolah.

Selain itu, ujar Agus, masing-masing sekolah juga diwajibkan mempersiapkan sarana prasarana untuk menjamin terpenuhinya perilaku belajar sesuai protokol kesehatan.

"Kita melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Agus.

Pelaksanaan PTM akan diatur dengan sistem masuk secara bergantian dan jam belajar siswa juga berkurang.

Secara teknis, 50 persen siswa masuk pada sesi belajar pagi, lalu yang 50 persen pada sesi siang.

Meski sebagian besar guru dan siswa sudah menjalani vaksinasi, protokol kesehatan wajib diterapkan selama pembelajaran tatap muka berlangsung.

Saat masuk ke sekolah, setiap guru dan siswa wajib melakukan pengecekan suhu badan, lalu cuci tangan di tempat yang disediakan sekolah.

Dia menjelaskan, di lingkungan sekolah, seluruh guru dan siswa dilarang melepaskan masker, serta menjaga jarak selama berinteraksi di sekolah.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/09/195801378/23-lokasi-isoter-di-sekolah-dipindahkan-jelang-ptm-di-jombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke